Penerapan Teknologi IoT di Indonesia dan Dampaknya

(Sumber: https://toghr.com/iot-internet-of-things/)

Elenna Bernadetta Lysandra

2440038950

Pernahkan Anda mendengar kata IoT atau Internet of Things? IoT merupakan konsep dimana sebuah objek memiliki kemampuan untuk mengirimkan data melalui konektivitas jaringan tanpa perlu bantuan manusia. IoT bertujuan untuk memanfaatkan konektivitas internet yang tersambung satu dengan yang lainnya secara terus menerus agar jangkauan yang tersambung lebih luas. Di Indonesia penggunaan IoT kini sudah mulai berkembang dan menerapkan penggunaan IoT salah satunya adanya konsep Smart City.

Smart City merupakan suatu upaya inovatif dari pemerintah untuk mengatasi berbagai persoalan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat. Teknologi IoT yang diterapkan pada Smart City membuat suatu kota lebih efektif dan efisien karena data yang terhimpun dalam berbagai perangkat IoT memungkinkan pemerintah dapat mengakses sejumlah informasi yang sebelumnya tidak tersedia. Selain itu, adanya teknologi Intelligent Video Analytics (IVA) dapat membantu mengurangi aktivitas kriminal, teknologi ini dapat dengan mudah menangkap data hingga pengenalan wajah sehingga dapat meminimalisir kasus kriminal. Teknologi IoT juga dapat menerapkan sensor kualitas udara yang dapat memberikan peringatan atau pengingat untuk mengurangi polusi udara. Smart City memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan transportasi mulai dari manajemen lalu lintas hingga kemampuan untuk melacak lokasi transportasi umum.

Penerapan konsep Smart City ini juga tentu tak lepas dari tantangan, baik dari segi infrastruktur maupun keamanan. Salah satu tantangannya yaitu masalah konektivitas jaringan yang kurang stabil di beberapa wilayah. Selain itu, dalam segi keamanan data, semakin banyak perangkat yang terhubung ke sistem Smart City semakin banyak data pribadi kita yang terhubung. Agar penerapan Smart City ini berjalan lancar, pemerintah juga harus mempersiapkan masyarakat untuk menerima perubahan ke arah digitalisasi dan tentunya hal itu memakan waktu cukup lama karena masyarakat memerlukan adaptasi. Untuk itu, pemerintah perlu lebih mensosialisasikan lagi tujuan pengembangan konsep Smart City ini kepada masyarakat dan daerah-daerah terpencil.

Sumber:

Anonymous. (2019). “Apa Itu Smart City dan Tantangan Penerapannya di Indonesia”. https://mediacenter.singkawangkota.go.id/apa-itu-smart-city-dan-tantangan-penerapannya-di-indonesia/, diakses pada tanggal 7 September 2021.

Lintasarta. (2020). “4 Manfaat Smart City Bagi Masyarakat dan Pemerintah”. https://blog.lintasarta.net/article/industry-solutions/4-manfaat-smart-city-bagi-masyarakat-dan-pemerintah, diakses pada tanggal 7 September 2021.

Lintasarta. (2020). “Tantangan dan Faktor Sukses Smart City”. https://skota.id/tantangan-dan-faktor-sukses-smart-city/, diakses pada tanggal 7 September 2021.

Elenna Bernadetta Lysandra