Apa yang Terjadi pada Industri Pariwisata Nusantara di Era Revolusi Industri 4.0

(Sumber: https://www.harapanrakyat.com/wp-content/uploads/2020/03/Beli-Tiket-Pesawat-Online-yang-Aman-Begini-Caranya.jpg)

Vaness Devlin

2440063776

Pemesanan E-Ticket

Indonesia memiliki banyak potensi keindahan alam yang menarik banyak turis lokal maupun mancanegara untuk menjadikannya salah satu destinasi liburan. Banyak sekali tempat-tempat di Indonesia yang dapat dijadikan destinasi liburan seperti, Pulau Komodo yang khas karena adanya Komodo yang merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia, Raja Ampat yang tidak lagi diragukan lagi keindahannya karena merupakan salah satu dari tempat terbaik untuk snorkeling, Bali yang banyak dikunjungi oleh turis mancanegara karena keindahan pantainya, dll.

Kini, kita sudah berada di era revolusi industri 4.0 yang dimana internet sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Hal tersebut menyebabkan munculnya berbagai inovasi-inovasi yang berkaitan tentang perjual-belian tiket, yaitu munculnya berbagai situs yang mempermudah perjual-belian tiket seperti Traveloka, Tiket.com, dll. Selain itu, media sosial juga muncul dalam heidupan kita yang dimana media sosial dimanfaatkan banyak orang untuk mempromosikan barang maupun jasa. Dengan adanya media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, dll, orang-orang dapat memperkenalkan keindahan destinasi-destinasi wisata yang ada di Indonesia. Indonesia memiliki potensi keindahan alam yang tidak kalah dengan destinasi wisata di negara lainnya. Indonesia hanya butuh wadah untuk mempromosikan destinasi-destinasi wisatanya.

Bagaimana perubahan yang dibawakan revolusi industri 4.0 ke industri pariwisata Nusantara? Tentu saja hal tersebut sangat membantu kita dalam bidang pariwisata. Kita dapat dengan mudah membeli tiket pesawat secara daring, kita juga dapat memperkenalkan potensi keindahan-keindahan destinasi wisata yang dimiliki Indonesia melalui media sosial. Oleh karena itu, industri pariwisata memiliki potensi yang besar untuk berkembang di era revolusi industri 4.0.

Daftar Pustaka

(anekatempatwisata, n.d.)

Bibliography

anekatempatwisata. (n.d.). 16 Tempat Wisata di Indonesia yang Wajib Dikunjungi. Retrieved from anekatempatwisata.com: https://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-di-indonesia-yang-wajib-dikunjungi/

Vaness Devlin