Peluang Seni Budaya Indonesia di Era Industri 4.0

Sumber: (https://www.kompas.id/baca/utama/2019/09/17/memajukan-kebudayaan-di-era-industri-4-0-2-habis/)

Yosua Natanael Tantio

2301853161

Seni budaya adalah semua hal yang diciptakan oleh manusia yang berkaitan dengan cara hidup dan berkembang secara berkelompok. Unsur keindahan terdapat dalam seni budaya yang dilakukan secara turun-temurun. Seni budaya memiliki 2 fungsi dalam kehidupan masyarakat, yaitu fungsi yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat dan fungsi yang terkait dengan keindahan. Seni budaya di Indonesia memiliki fungsi lainnya sebagai alat untuk ritual keagamaan. Keragaman seni budaya yang terdapat di Indonesia adalah seni tari, seni rupa, seni musik, seni teater, dan seni kriya. 

Era industri 4.0 yang saat ini sudah mulai masuk ke berbagai sendi kehidupan masyarakat seperti dunia digital dan internet, tentunya akan membawa perubahan-perubahan terhadap seni budaya yang terdapat di Indonesia. Kebanyakan masyarakat saat ini menggunakan dunia digital dan internet untuk membantu pekerjaan ataupun mencari hiburan, namun jarang sekali ada yang menggunakan dunia digital dan internet untuk melihat pertunjukan seni budaya. Pertunjukan seni budaya biasanya ditampilkan secara langsung yang mana pada era sekarang ini makin sedikit orang yang ingin pergi langsung ke tempat pertunjukan untuk menonton pertunjukan secara langsung. Adanya teknologi-teknologi yang baru bisa membantu para seniman untuk mendukung pertunjukannya agar menjadi lebih menarik sehingga masyarakat menjadi lebih tertarik untuk melihat pertunjukan seni. Karya seni yang diciptakan bisa ditampilkan melalui platform digital seperti Youtube agar masyarakat yang menggunakan platform tersebut bisa melihat pertunjukan seni di mana pun dan kapan pun. Namun saat ini masih belum banyak seniman-seniman yang memanfaatkan dunia digital dan internet dengan maksimal. 

Era industri 4.0 merupakan era di mana setiap orang bisa menggunakan dunia digital dan internet untuk menciptakan sebuah karya, mencari tahu tentang sebuah informasi, dan banyak hal lainnya. Era industri 4.0 mempunyai berbagai macam sumber daya yang bisa dijadikan peluang oleh setiap orang. Penggunaan dunia digital dan internet untuk membuat sebuah karya dan mempublikasikannya bisa membuat karya yang diciptakan dilihat oleh semua orang yang menggunakan internet. Para seniman harus bisa dan mau untuk memanfaatkan semua sumber daya yang ada pada era industri 4.0 untuk menciptakan sebuah karya yang bagus dan menarik yang membuat masyarakat tertarik untuk melihatnya agar seni budaya Indonesia semakin terkenal di kalangan masyarakat Indonesia maupun seluruh dunia.

 

Sumber:

Editor, B. T. (2020, Desember 10). Ragam Seni Budaya di Indonesia, dari Tarian hingga Kerajinan Tangan. Retrieved from Kumparan Berita hari Ini: https://kumparan.com/berita-hari-ini/ragam-seni-budaya-di-indonesia-dari-tarian-hingga-kerajinan-tangan-1ukg2hHIGeF/fu

Nugroho, S. (2019). Seni Pertunjukan Nusantara: Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Tantangannya di Era Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional: Seni Pertunjukan Nusantara Peluang dan Tantangan Memasuki Era Revolusi Industri 4.0, 14-17.