Melestarikan Seni Budaya Indonesia dalam Revolusi Industri 4.0

 

Sumber : (https://milenianews.com/2021/03/11/inilah-jenis-alat-musik-tradisional-sumatera/)

Tsania Qurrota Aini

2440112014

Negara Indonesia merupakan negara yang kaya, kaya disini bukan hanya mengenai kaya secara material, namun kaya akan keberagaman. Indonesia dikenal sebagai negara yang multikultural, artinya Indonesia terdiri dari masyarakat yang memiliki ragam suku bangsa. Tiap suku bangsa memiliki seni budayanya masing-masing, membuat bangsa Indonesia memiliki ciri khas sebagai salah satu negara yang indah dari ragam budaya tersebut. Mirisnya, seiring perkembangan zaman, seni budaya Indonesia semakin luntur. Hal ini disebabkan oleh masuknya budaya-budaya asing akibat dampak dari globalisasi. Selain itu, memasuki masa revolusi industri 4.0, masyarakat Indonesia terutama generasi muda menjadi lebih tertarik untuk terjun ke dunia serba digital dan teknologi dibandingkan berkecimpungan di dunia seni tradisional. Apabila hal ini dibiarkan begitu saja, lama kelamaan makin banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengenal budayanya sendiri, apalagi untuk generasi muda yang lebih mudah terpengaruh oleh budaya luar. 

Perkembangan teknologi dalam revolusi industri 4.0. sebetulnya agak jauh jika harus dibuat relevan dengan perkembangan seni budaya. Hal ini karena perkembangan keduanya akan menuju hal yang tidak sejalan. Namun, bukan berarti perkembangan teknologi tidak dapat mendukung perkembangan seni budaya Indonesia. Justru, jika masyarakat Indonesia terutama para seniman tradisional dapat memanfaatkan teknologi ini, seni budaya Indonesia dapat semakin mudah dikenal. Melalui teknologi yang ada, para seniman dapat mencoba untuk membuat suatu modifikasi model seni budaya, maksudnya perkembangan seni tradisional Indonesia disesuaikan dengan tren saat ini namun tetap tidak meninggalkan nilai aslinya. Kemudian, pengenalan seni budaya pun lebih mudah karena dapat disebarkan melalui dunia maya kepada semua orang. Penyebaran, pengajaran, dan sharing harus dilakukan dibuat semenarik mungkin terutama dalam menarik generasi muda. Melalui perkembangan teknologi juga seni budaya Indonesia tidak hanya dapat dikenal oleh lokal, namun juga oleh masyarakat luar negeri. Seni budaya inilah nantinya yang menjadi daya tarik bagi para turis asing. 

Sebagai masyarakat Indonesia yang hidup di masa revolusi industri 4.0., apalagi sebagai generasi muda, kita harus sadar bahwa banyak hal yang dapat dibantu oleh kemajuan teknologi. Seni budaya yang menjadi salah satu nilai lebih dari bangsa Indonesia tentunya bisa menjadi penguat bagi negara kita untuk bisa bersaing dengan masyarakat luar. Itulah sebabnya penting bagi kita untuk mempelajari lebih dalam mengenai seni Indonesia dan menciptakan suatu ide untuk bisa membawa seni budaya ini ke mata publik. Dengan begitu, seni budaya Indonesia tetap akan dilestarikan walaupun berada dalam masa globalisasi dan kemajuan teknologi yang cukup pesat. 

 

Referensi:

Universitas Negeri Medan. (2019, 10 29). Eksistensi Budaya Lokal di Era Revolusi Industri 4.0. Retrieved June 15, 2021 from https://www.unimed.ac.id/2019/10/29/eksistensi-budaya-lokal-di-era-revolusi-industri-4-0/

Takari, M dan Kumalo Tarigan. (2019). Budaya dalam Literasi Digital pada Era Industri 4.0 dan Society 5.0. 1-7 from http://www.magisterseniusu.com/uploads/1/8/0/0/1800340/takari-kumalo-budaya_dalam_literasi_digital.pdf