Eksistensi Seni Budaya Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0

Sumber: (ujio, 2021)

Habel Christian Chandra

2440110910

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keberagaman yang salah satunya dalam bidang seni dan budaya. Setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing dalam merepresentasikan budaya tradisional yang telah mereka budidayakan dari waktu yang sangat lama. Seni dan budaya tradisional suatu daerah merupakan suatu tradisi yang patut untuk dibanggakan dan memiliki nilai tersendiri atas keunikannya. Namun, revolusi industri 4.0 membawa dampak yang tidak sedikit kepada bidang seni dan budaya. Banyak hal positif maupun negatif yang memberi dampak kepada kelanjutan seni budaya di Indonesia. 

Kebudayaan Indonesia tentunya harus menunjukkan eksistensinya pada era revolusi industri sebab menjadi modal penting bagi pembangunan nasional. Dr. Wirdanengsih, M.Si mengungkapkan bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi pada era revolusi industri telah menimbulkan pengaruh terhadap perkembangan kebudayaan lokal. Perkembangan informasi dan komunikasi dapat masuk ke dalam lingkup kebudayaan yang mampu memberikan dampak negatif, seperti lunturnya kearifan lokal yang telah dipertahankan oleh leluhur kita sejak lama. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa dampak positif juga mempengaruhi seni dan budaya dalam hal eksistensi dan popularitas. Pada industri musik terdapat lagu berkebudayaan Indonesia yang meningkat popularitasnya karena terjadi percampuran kultur budaya Indonesia dengan budaya negara lain yakni, lagu “Lathi” karya Weird Genius berkolaborasi dengan Sara Fajira yang dirilis pada tahun 2020. 

Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman dalam melestarikan kebudayaan Indonesia agar informasi dan komunikasi yang masuk dapat dikembangkan menjadi suatu karya yang dapat meningkatkan kelanjutan seni budaya di Indonesia. Generasi muda bangsa juga perlu meningkatkan kepekaannya dalam melestarikan budaya menghadapi era revolusi industri yang cepat mendunia. 

 

Sumber: 

Redaksi. (2019, 09 15). UNESA. Retrieved June 8 May, 2021, from unesa.ac.id: https://www.unesa.ac.id/peran-seni-dalam-menghadapi-era-40 

UNIMED, H. (2019, 10 29). UNIMED. Retrieved June 8 May, 2021, from unimed.ac.id:  https://www.unimed.ac.id/2019/10/29/eksistensi-budaya-lokal-di-era-revolusi-industri-4-0/