Pandemi dalam Sektor Industri: Hambatan atau Peluang?

Sumber: (https://mediaindonesia.com/teknologi/355093/bosch-nexeed-industrial-application-system-solusi-saat-pandem)

Jane Audrey Quinn

2301869903

Pandemi COVID-19 memengaruhi banyak aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam aspek industri. Awalnya, kebanyakan dari masyarakat pasti merasa kesulitan dengan keadaan yang tidak diduga-duga ini. Namun, di tengah-tengah kekacauan pandemi yang sudah menyerang Indonesia sejak Maret 2020 lalu, ternyata sektor industri mengalami perubahan positif akibat pandemi. Industri di dunia yang mulai memasuki era revolusi 4.0 mengalami percepatan selama pandemi ini. Mulai dari masyarakat, pola pikir, dan industri itu sendiri, semua perlahan beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang terjadi saat ini. Hal ini terbukti dengan berbagai industri di dunia yang berhasil membuat inovasi-inovasi baru sebagai bentuk penyesuaian. 

Pandemi COVID-19 membatasi banyak aspek kehidupan manusia sehingga masyarakat luas mulai menyadari pentingnya teknologi dalam kehidupan dan perlahan mengubah pola pikir lama. Sebagai bentuk adaptasi, aktivitas sehari-hari sekarang dihiasi dengan sentuhan teknologi dan dijalankan secara online agar aman dari ancaman virus COVID-19. Hal ini dapat dilihat dari penambahan penjualan makanan dan minuman online sebanyak 600% selama PSBB lalu. Dengan demand pasar yang menginginkan serba online, maka industri baik kecil maupun besar juga mengikuti trend dan melakukan digitalisasi di berbagai platform sesuai kebutuhan. 

Dampak COVID-19 pada sektor industri mencakup banyak hal dan salah satunya adalah jumlah pegawai yang terbatasi. Masalah tersebut membuat perusahaan mencari cara untuk tetap menghasilkan kuantitas dengan kualitas yang sama walaupun understaffed. Contoh dari inovasi untuk menangani isu tersebut adalah Nexeed Industrial Application System. Teknologi terkini dari perusahaan Bosch ini mampu memproses dan memberikan visualisasikan data dari rantai produksi, sehingga keseluruhan proses berlangsung secara efisien dan transparan. Inovasi ini memungkinkan pengecekan serta pemantauan dari jauh tanpa harus datang ke lapangan. Nexeed Industrial Application System dengan fitur predictive maintenance yang mudah dioperasikan, mampu meningkatkan hasil produksi hingga 10%. Selain itu, teknologi Nexeed dapat menyediakan informasi seperti status produksi dengan cepat dan tepat sehingga operator dimudahkan dalam mengambil keputusan. Penemuan ini merupakan bukti bahwa pandemi mampu menginspirasi dan mempercepat terjadinya revolusi industri. Hingga Oktober 2020 lalu, teknologi ini sudah digunakan oleh lebih dari 100 pabrik di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Masyarakat yang sudah menyadari pentingnya teknologi diharapkan dapat mempercepat revolusi industri 4.0 di Indonesia sehingga Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain dalam sektor industri. Di tengah-tengah kekacauan pandemi di seluruh dunia, industri dan masyarakat di seluruh dunia sudah membuktikan bahwa pandemi bukanlah sebuah hambatan, namun dorongan dan peluang untuk berkembang. Oleh karena itu, semoga pandangan yang ada mengenai pandemi COVID-19 bukan hanya membawa ketakutan dan permasalahan, namun juga peluang dan perubahan positif. 

Sumber:

Media Indonesia. (2020). Bosch Nexeed Industrial Application System Solusi Saat Pandemi. Dipetik Mei 3, 2021, dari https://mediaindonesia.com/teknologi/355093/bosch-nexeed-industrial-application-system-solusi-saat-pandem

Metro TV. (2020). Revolusi Industri 4.0 di Tengah Pandemi Covid-19. Dipetik Mei 3, 2021, dari https://www.youtube.com/watch?v=RsZn3dG1z50

Jane Audrey Quinn