Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Teknik Pemasaran Digital Di Era Revolusi Industri 4.0
Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Teknik Pemasaran Digital Di Era Revolusi Industri 4.0
(Sumber: (Dotnext Digital, 2020))
Eirinne Carenina de Poere
2301946190
Industri 4.0 sering dikaitkan dengan kemunculan internet yang menghubungkan antara alat-alat industri dengan pengguna. Industri 4.0 juga dikatakan sebagai mengoptimalkan elemen operasionalisasi, komunikasi dan teknologi informasi untuk membuat proses otomatisasi dalam manufaktur dapat maksimal (Gilchrist, 2016).
Revolusi industri saat ini telah memasuki era industri 4.0. Pada tahapan industri ini internet memiliki peran yang besar untuk berkolaborasi dengan kinerja manusia. Perangkat terhubung dengan mesin dan semua berjalan serba otomatis, tenaga manusia dan dana operasional dapat ditekan. Namun sebagai konsekuensinya manusia dituntut untuk terus berinovasi untuk memecahkan masalah. Tingkat permasalahan pada industri 4.0 juga lebih tinggi sehingga solusi yang bersifat tradisional tidak mampu mengatasinya. Setiap orang dari berbagai bidang industri harus mencari solusi baru untuk menggunakan perangkat digital yang mampu menjawab problematika yang ada.
Pemasaran merupakan rangkaian kegiatan untuk membangun, mengelola, hingga memanipulasi dukungan publik. Memasuki era digitalisasi industri pemasaran mulai berkembang ke ranah digital dan mendapatkan nama baru, pemasaran digital. Kehadiran internet mampu memberikan keuntungan bagi pemasaran digital untuk menjalankan tugasnya. Pemasaran digital memanfaatkan internet dengan kemampuannya untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dan besar, sehingga khalayak itu tidak lagi terbatas pada ruang geografis saja bahkan terus meluas hingga ranah global. Agar mampu memaksimalkan fitur yang dimiliki internet, seseorang dalam pemasaran digital perlu memiliki keterampilan dan selalu terbuka terhadap inovasi yang bermunculan.
Dalam mempengaruhi dukungan publik yang ada di dunia maya dan mempertahankan reputasi organisasi, banyak strategi baru bermunculan. Strategi yang ditawarkan meman- faatkan internet, khususnya media sosial. Bagi pemasaran digital, media sosial merupakan salah satu pintu masuk menuju khalayak yang lebih besar. Melalui media sosial pengguna saling berbagi informasi dan berkomunikasi, bahkan kepada orang yang tidak mereka kenal. Jika mampu mendapatkan perhatian di media sosial, maka untuk mencapai tujuan pemasaran digital akan sangat dimudahkan. Untuk mencapai goal tersebut maka ada beberapa strategi yang ditawarkan meliputi electronic word of mouth, internet buzzer, aktivis media sosial dan search engine optimization. Sebagai salah satu kajian komunikasi, pemasaran digital diharapkan mampu memberikan signifikansi praktis dalam penggunaan strategi dan terus bertransformasi menggunakan inovasi baru sehingga semakin banyak pula masukan untuk keilmuan komunikasi.
Sumber:
Dotnext Digital. (2020). Teknik Pemasaran Melalui Media Sosial. Diakses pada 9 April melalui https://dotnextdigital.com/teknik-pemasaran-melalui-media-sosial/
Respati, Wira. (2014). Transformasi Media Massa Menuju Era Masyarakat Informasi Di Indonesia. Jurnal Humaniora, Vol. 5 No. 1 April 2014, 39-51