Ruang Kerja Ergonomis

Ergonomi adalah proses merancang atau mengatur tempat kerja, produk, dan sistem sehingga cocok dengan orang yang menggunakannya. Ergonomi berlaku untuk desain apa pun yang melibatkan orang, ruang kerja, kesehatan dan keselamatan. Tujuan dari ergonomi adalah untuk mempelajari tentang kemampuan dan keterbatasan manusia yang kemudian menerapkannya untuk meningkatkan interaksi antara orang dengan produk, sistem, dan lingkungannya. Selain itu, ergonomi juga bertujuan untuk meminimalkan risiko cedera atau bahaya. Seiring perubahan teknologi, ergonomi digunakan untuk memastikan bahwa alat yang digunakan oleh manusia dirancang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Salah satu contoh penerapan ilmu ergonomi adalah pengaturan pada ruangan kerja. Ruang kerja yang dioptimalkan secara ergonomis dapat menghasilkan dunia yang baik bagi output dan pertumbuhan karyawan perusahaan. Mulai dari penyesuaian tempat duduk atau  meja, mengikuti penyesuaian menurut tinggi badan seseorang. Hal tersebut mungkin tampak tidak signifikan, tetapi sangat berdampak pada efisiensi kerja. Kenyamanan seorang karyawan dapat memiliki dampak besar pada kinerjanya. Lingkungan tempat kerja yang tidak menguntungkan dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi. Ergonomi memberikan suasana yang sesuai bagi karyawan di tempat kerja. Memiliki postur tubuh yang baik, tingkat mata yang lurus, usaha yang terbatas dan gerakan yang dapat berdampak positif pada tubuh. Ketika karyawan merasa sehat, mereka lebih cenderung menjadi kreatif dan produktif.

Sebaliknya, perusahaan dengan lingkungan yang tidak ergonomis kemungkinan besar akan memiliki karyawan yang lelah dan frustrasi. Seorang karyawan akan lebih fokus pada ketidaknyamanannya pada lingkungan daripada pekerjaannya. Karena itu, kualitas kerja mereka juga menurun seiring dengan produktivitas mereka. Ruang kerja yang ergonomis dapat membantu karyawan menjadi santai secara mental dan fisik agar mereka tetap termotivasi. Dengan cara ini, mereka berupaya lebih keras dalam pekerjaan mereka sehingga menghasilkan kualitas yang lebih baik.

Sumber: http://architectaria.com/mewujudkan-kantor-ergonomis-dengn-furnitur-dan-lighting-yang-memadai.html

 

 

 

Salsabila Utomo