Pijakan Kaki Sepeda Motor dari Limbah Karet
Inas Safira
2301857544
Tahukah kalian bahwa Indonesia adalah negara penghasil karet alam kedua terbesar di dunia? Industri karet atau yang biasa disebut Crumb Rubber Industry di Indonesia telah berorientasi ekspor, artinya hasil produk tersebut merupakan produk setengah jadi yang sudah sesuai dengan Standar International Rubber (SIR). Tanpa kita sadari, produk berbahan karet memang telah merajai perindustrian di dunia.
Selain karet alamnya, ternyata limbahnya pun tak kalah mememberikan manfaat. Karet limbah industri adalah karet yang dihasilkan dari proses pengolahan karet pada industri crumb rubber. Limbah industri crumb rubber terutama limbah padatnya masih mengandung bahan karet yang jika dikumpulkan bisa menjadi bahan baku suku cadang pijakan kaki (footstep) pada sepeda motor. Semakin banyak penggunaan karet limbahnya, akan meningkatan nilai kekerasan, ketahanan sobek, dan pampatan tetap.
Barang jadi karet dibuat melalui proses pencampuran antara karet dan bahan kimia pendukung dengan komposisi tertentu (kompon) yang digiling pada suhu dan waktu tertentu sesuai dengan jenis karet yang digunakan dan tujuan penggunaannya. Pembuatan kompon ini dilakukan untuk mendapatkan campuran yang homogen antara karet dan bahan kimia pembantu yang selanjutnya dicetak menjadi sebuah produk pijakan kaki.
Pijakan kaki ini merupakan komponen penting pada kendaraan bermotor yang sering mengalami kerusakan atau aus karena sering mendapatkan tekanan berupa gaya dan gesekan dari penggunanya. Makin tingginya pengguna masyarakat terhadap kendaraan beroda dua, maka makin banyak permintaan untuk memenuhi suku cadangnya.
Menurut data statistik tahun 2010 jumlah kendaraan bermotor di seluruh Indonesia tercatat sebanyak 76,9 juta unit, dan 61,078 unit merupakan sepeda motor. Dengan dinyatakannya hal tersebut, tren jumlah impor suku cadang kendaraan bermotor roda dua terus mengalami kenaikan setiap tahun. Berbagai jenis sparepart kendaraan bermotor yang banyak diimpor. Peluang pasar khususnya untuk suku cadang sepeda motor di Indonesia cukup besar.
Sumber : http://ejournal.kemenperin.go.id/dpi/article/view/3773