PERANAN PENTING LAMBANG KESELAMATAN KERJA

https://news.ralali.com/wp-content/uploads/2015/06/Picture121

Dalam suatu pabrik atau perusahaan atau lingkungan kerja dengan taraf industri kecil, menengah, besar dan bahkan skala nasional maupun internasional harus memeliki peraturan dan lambang keselamatan kerja. Adanya peraturan dan lambang keselamatan kerja ini bertujuan untuk mencegah dan menghindari kemungkinan-kemungkinan kecelakaan yang dapat merugikan instansi perusahaan dan pekerja tersebut.

Sosialisasi dalam suatu industri mengenai keselamatan kerja harus selalu dilakukan. Departemen keselamatan kerja dalam industri tersebut harus memberikan pembekalan dan pengawasan terhadap pekerjanya. Pekerja yang memahami peraturan keselamatan kerja dapat bekerja dengan maksimal dan mampu memiliki kepekaan yang tinggi dalam melakukan pekerjaan. Sebab itu akan berdampak positif dalam kelancaran produktifitas perusahaan.

Setiap individu harus saling menjaga keselamatan kerja. Tanpa adanya peranan individu kemungkinan kecelakaan sangat bisa terjadi. Apabila terjadi kecelakaan, perusahaan akan mengalami kerugian, produktifitas terhambat, dan adanya pertanggungjawaban atas kecelakaan yang merugikan tersebut.

Penggunaan peralatan dan perlengkapan produksi yang modern tidak menjamin kecelakaan tidak akan terjadi. Penggunaan tersebut bergantung dengan pemakainya. Apabila pemakainya memiliki pengetahuan dan mampu bekerja dengan professional sesuai standar akan meminimalisir kecelakaan.

Di balik lambang-lambang keselamatan kerja ada peran yang besar untuk keberlangsungan perusahaan:

  1. Sebagai pengingat

Pekerja dapat mengingat elemen-elemen keselamatan kerja perusahaan dan mampu menjalakannya. Kondisi ini dilambangkan dengan lambang palang

  1. Sebagai penggugah kinerja semua pekerja

Demi keselamatan kerja, pekerja diingatkan untuk menerapkan pola kerja dengan fisik dan psikis yang baik yang merupakan modal utama maksimalnya produktivitas. Kondisi ini dilambangkan dengan lambang gambar roda gigi yang diartikan kegiatan produksi yang terus menerus.

  1. Bekerja dengan sepenuh hati

Dengan ketulusan hati pekerja, akan memperlihatkan kualitas kerja pekerja tersebut. Kondisi ini dilambangkan dengan warna dasar lambang keselamatan kerja.

Sumber:

https://news.ralali.com/peranan-penting-lambang-keselamatan-kerja/

 

 

 

 

Annisa Azzahrah Subroto