SEBERAPA PENTINGKAH AKREDITASI ABET?

 http://digitalcommons.kettering.edu/assets/md5images/abb780c45415bb5a444c36d3a277be47.png

Perlu diketahui bahwa teknik industry di Unitersitas Bina Nusantara sudah mendapatkan akreditasi ABET beberapa waktu lalu. Sebenarnya, apakah ABET itu? ABET merupakan singkatan dari Accreditation Board for Engineering and Technology. ABET merupakan sebuah lembaga internasional yang bertanggung jawab untuk memberikan evaluasi dan sertifikasi dalam hal kualitas yang dimiliki oleh sebuah perguruan tinggi.  ABET hanya berwenang untuk memberikan akreditasi ini dalam bidang ilmu terapan, komputasi, serta rekayasa dan teknologi.  Ada beberapa kriteria yang dijadikan sebagai dasar penilian bagi ABET dalam melakukan evaluasi ini, yaitu :

  1. Mahasiswa
  2. Program Edukasi Objektif
  3. Program Hasil dan Penilaian
  4. Komponen Profesional
  5. Fakultas
  6. Fasilitas
  7. Lembaga Dukungan dan Sumber Keuangan
  8. Kriteria khusus

Melihat kriteria yang dibutuhkan untuk akreditasi ini, dapat dipastikan bahwa tidak mudah untuk mendapatkannya. Dibutuhkan kualitas yang benar-benar baik untuk mendapatkannya. Dengan begitu, teknik industri di Universitas Bina Nusantara sudah tidak diragukan lagi kualitasnya! Lalu, apa kelebihannya jika mendapatkan akreditas ini? Banyak keuntungan yang dapat dirasakan oleh mahasiswa yang melakukan pendidikan dalam lembaga yang sudah mendapatkan akreditasi ABET ini. Dengan mendapatkan akreditasi ABET ini, tentulah perusahaan akan sangat percaya dengan setiap lulusannya memiliki kualitas yang baik. Karena ABET ini akreditasi yang berskala Internasional. Maka, tidak menutup kemungkinan para lulusannya dapat diterima bekerja diluar negri. Tidak hanya itu, jika mahasiswa hendak melanjutkan pendidikannya hingga ke jenjang yang lebih tinggi di luar negri, akan lebih mudah untuk diterima. Karena, setiap lulusan yang sudah berakreditasi ABET, gelar yang akan didapatkan tidaklah lagi Sarjana Teknik, namun Bachelor of Science.

Universitas ternama di dunia yang sudah mendapatkan akreditasi ABET adalah The University of Arizona, Grantham Unverisity, dan College of University of Nebraska-Lincoln. Di Indonesia sendiri, hanya beberapa universitas yang menerima akreditasi ABET ini. Seperti IPB, ITB, ITS dan Universitas Bina Nusantara. Untuk jurusan teknik industri di Indonesia yang sudah mendapatkan akreditasi ABET hanyalah ITB , ITS dan Universitas Bina Nusantara. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi kualitas yang dimiliki oleh jurusan teknik industri di Universitas Bina Nusantara, sebagai satu-satunya universitas swasta yang mendapatkan akreditasi ABET.

Sumber :

http://www.kerjakuliah.com/2015/01/perguruan-tinggi-indonesia-dengan.html?m=1

http://www.abet.org/accreditation/