Kawasan Industri Kendal Akan Diresmikan Dua Kepala Negara.

IndonesianIndustry.com – Keberhasilan membangun Kota Jababeka di Cikarang menjadi sebuah kota terpadu, membuat nama Jababeka menjadi jaminan para investor untuk masuk dan membangun bisnisnya di Indonesia ketika membangun kawasan industri baru di daerah Kendal, Jawa Tengah, yakni Kawasan Industri Kendal (KIK).

Dengan potensi yang dimiliki, lokasi yang strategis, serta rencana Jababeka yang menjadikan KIK sebagai kota fesyen (fashion city) pertama di Indonesia, membuat KIK menjadi sebuah ikon baru bagi para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

Hal ini pula lah yang kemudian menjadi pertimbangan bagi Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong, berencana datang mengunjungi Kawasan Industri Kendal pada 24 – 26 Agustus 2016.

Dalam kunjungan tersebut, Edi menjelaskan, rencananya PM Lee Hsien Loong bersama dengan Presiden RI, Joko Widodo, dijadwalkan melakukan peresmian proyek pembangunan Kawasan Industri Kendal. Selain itu kedua pemimpin negara tersebut akan melakukan pertemuan tahunan pemimpin negara (Leaders Retreat) pada Kamis, 25 Agustus 2016, di Semarang, Jawa Tengah.

“Berbeda dengan pertemuan reatret sebelumnya, pertemuan leaders kali ini, disamping akan mengadakan pertemuan bilateral juga akan mengadakan pelaksanaan official opening ceremony Kawasan Industri Kendal di Semarang,” ungkap Edi.

Dalam kunjungannya ke Kendal nanti, rencananya PM Lee Hsien Long akan didampingi oleh sembilan pejabat setingkat menteri dan membawa serta 14 CEO perusahaan besar Singapura. Sementara itu, Presiden Joko Widodo akan didampingi oleh beberapa menteri, antara lain Menteri Sekretaris Negara, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Menteri Luar Negeri, Menteri Perdagangan, Menteri Pariwisata, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

“Mudah-mudahan rombongan CEO dari Singapura ini akan ada yang menyampaikan komitmen untuk berinvestasi di Indonesia. Sebetulnya sudah ada 16 perusahaan Singapura yang berinvestasi di kawasan industri Kendal, dengan nilai investasi Rp3,2 triliun,” lanjut Edi.

Apasih Leaders Retreat itu? Leaders Retreat adalah  pertemuan tahunan antar kepala pemerintahan kedua negara yang diselenggarakan secara bergantian diantara dua negara, dan merupakan mekanisme bilateral tertinggi antara dua negara yang bersangkutan.

Nah dengan terjalinnya suatu kerjasama antara Indonesia dengan Singapura dibidang Industri ini semoga menjadi Hubungan Bilateral yang baik bagi keduanya. Serta menguntungkan pula bagi kedua pihak yang menjalaninya.

 

 

Writer Blog Artikel Content: Prabowo Siswanto Wibisono Iskandar

Source: IndonesianIndustry