JALUR LOGISTIK PELABUHAN TANJUNG PRIOK MENGGUNAKAN KERETA API

JALUR LOGISTIK  PELABUHAN TANJUNG PRIOK MENGGUNAKAN KA atau (KERETA API)

Tahukah anda bahwa kita mempunyai transportasi logistik yaitu kereta api di Pelabuhan Tanjung Priok, kereta api ini berfungsi untuk menunjang proses logistik pada pelabuhan sehingga dapat menghemat waktu, menekan pengeluaran, mengurai kemacetan, dll. Bayangkan Transportasi logistik yang menghubungkan antara supplier dengan warehouse, retailer, maupun customer hanya melewati transportasi jalur darat. Padatnya jalanan dan dengan banyaknya kendaraan sekarang, transportasi jalur darat dengan menggunakan truk dan lainnya bukan pilihan yang cerdas untuk saat ini. Kita harus memiliki transportasi alternatif untuk meningkatkan efektif dan efisiensi pada proses logistik.

Demi memangkas masa bongkar muat barang di pelabuhan (Dwelling Time), Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menyatakan akan segera mengoperasikan Kereta Api pelabuhan Tanjung Priok.

Disampaikan oleh Agung Kuswandono, Deputi Bidang SDA dan Jasa Kemenko Maritim yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Dwelling Time, pembangunan jalur kereta api di Pelabuhan Tanjung Priok kini telah masuk tahap finalisasi dan ditargetkan selesai pada akhir Maret 2016.“Pembangunan jalur kereta api itu sudah selesai sekitar 95 persen. Dalam waktu dekat, KA sudah bisa beroperasi normal,” ujarnya ketika ditemui di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta. Pengoperasian KA pelabuhan ini akan segera dikoordinasikan oleh beberapa pihak, diantaranya PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Jakarta International Container Terminal (JICT), dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

 

 

 

 

Radhi Prasetiya