Data Mining Buat Apa Sih?

Apakah kalian sudah familiar dengan data mining? Jadi sebenarnya apa sih data mining itu? Singkatnya data mining adalah proses pengolahan data mentah yang besar (big data) menjadi informasi yang berguna. Data mining diproses menggunakan metode statistika, matematika, hingga menggunakan artificial intelligence. Data mining bekerja dengan cara mengidentifikasi pola dan hubungan antar data untuk memecahkan berbagai masalah bisnis.

Bagaimana Data Mining Bekerja?

Data mining biasanya diproses oleh data scientist dan analtytics professional. Namun, data mining juga dapat diproses oleh bussiness analyst, eksekutif dan para pekerja yang memiliki pemahaman terhadap data. 

Dalam pemrosesannya, data mining melibatkan machine learning dan statistical analysis. Namun, untuk mempermudah proses pengelolaan data besar dapat digunakan algoritma machine learning dan artificial intelligence tools.

Pemrosesan data mining dapat dikategorikan menjadi 4 bagian utama, yaitu:

Data Gathering

Dalam tahap ini, data yang relevan akan dikumpulkan dan diidentifikasi.

Data Preparation

Dalam tahap ini, data akan disiapkan untuk diproses. Proses data akan dimulai dari eksplorasi dalam pembuatan profil dan pembersihan data untuk memperbaiki kesalahan dan kualitas pada data. 

Mining the Data

Setelah datanya siap, maka data scientist akan mengolah data tersebut dan mengimplementasikan algoritma untuk diproses menjadi informasi.

Data Analysis dan Interpretation

Hasil dari data mining dapat digunakan untuk model analisis yang berguna untuk mengambil keputusan bisnis.

Metode Data Mining

Ada berbagai metode yang dapat dilakukan untuk memproses data mining, diantaranya yaitu:

  • Association

Association adalah metode yang berbasis aturan yang digunakan untuk menemukan asosiasi dan hubungan variabel yang terdiri atas pernyataan “if atau then” sederhana.

  • Classification

Classification digunakan untuk memprediksi kelas suatu objek. Classification adalah metode yang paling umum digunakan dalam data mining.

  • Regression

Regression digunakan untuk menjelaskan variabel dependen dengan analisis variabel yang independen.

  • Clustering

Clustering digunakan untuk membagi kumpulan data menjadi beberapa kelompok data berdasarkan kemiripan-kemiripan atributnya.

Manfaat Data Mining

Umumnya, manfaat bisnis dari data mining berasal dari peningkatan kemampuan untuk membuat pola, tren, korelasi hingga anomali tersembunyi dalam kumpulan data. Informasi-informasi tersebut merupakan salah satu hal yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan bisnis dan perencanaan strategi bisnis. Spesifiknya manfaat data mining adalah sebagai berikut:

  • Pemasaran dan penjualan menjadi lebih efektif

Data mining dapat membantu perusahaan memahami perilaku dan preferensi pelanggan. Hal ini memungkinkan mereka untuk membuat target marketing dan pasar.

  • Layanan pelanggan menjadi lebih baik

Hasil pemrosesan data membuat perusahaan dapat mengidentifikasi masalah dengan lebih cepat.

  • Peningkatan manejemen supply chain

Perusahaan dapat melihan tren yang ada dipasar dan dapat memperkirakan permintaan produk secara lebih akurat. Informasi dari data mining juga dapat mengoptimalkan pergudangan, distribusi, dan operasi logistik.

  • Manajemen resiko lebih kuat

Dengan informasi tersebut, manajer resiko dan eksekutif bisnis dapat menimal resiko keuangan, hukum, keamanan dan resiko lainnya dengan lebih baik

  • Biaya lebih rendah

Data mining bisa menghemat biaya lewat efisiensi operasional dan mengurangi redudansi dan pemborosan dalam pengeluaran perusahaan.

Daftar Pustaka


  • Penulis: Anida Dewi Prahesti, Justin Bryan
  • Editor: Axcel Deon Davelin Syahputra, Muhammad Ihsan Rafi Tribowo