Peluang Kerja di Era Digital

Di masa pandemi seperti sekarang ini, seringkali kita melihat ada banyak berita yang menceritakan mengenai berbagai macam kasus pemberhentian kerja. Jika kita melihat hal tersebut tentunya sangat menakutkan. Namun, kita tidak perlu khawatir karena sekarang zaman sudah serba digital, segala sesuatu hal dapat kita lakukan dengan internet, mulai dari memesan makanan hingga membeli perlengkapan, semuanya dapat dilakukan dengan mudah tidak terkecuali juga perihal pekerjaan. Era digital yang ada ini tentunya merubah dinamika pekerjaan yang biasanya dilakukan.

Jika kita melihat dari artinya, era digital sendiri memiliki banyak pengertian yang berbeda-beda. Namun, secara umum era digital itu sendiri berarti suatu keadaan dalam kehidupan dimana ada banyak kegiatan yang sudah didukung dan dipermudah oleh teknologi. Dengan adanya era digital ini tentunya bisa membawa banyak peluang, seperti peluang bisnis dan pekerjaan. Menariknya, peluang pekerjaan yang ada tersebut adalah peluang pekerjaan yang dapat dilakukan dari rumah. Tentunya hal ini sangat menarik apalagi di zaman pandemi sekarang kebanyakan kegiatan dilakukan dari dalam rumah. 

Jadi mari kita lihat ada pekerjaan apa aja sih yang dapat kita lakukan dari rumah di era digital ini.

  1. Freelance

Dengan internet, kita dapat menemukan berbagai situs yang menyediakan banyak pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan. Pekerjaan itu mulai dari video editing, copywriter, serta designer. Hal menariknya, pemberi pekerjaan tersebut tidak hanya berasal dari Indonesia saja. Kita dapat menemukan berbagai kesempatan pekerjaan dari berbagai macam negara. Untuk penghasilannya pun kita tidak perlu ragu karena ada banyak pihak yang mau memberikan upah yang cukup besar untuk pekerjaan yang kita lakukan.

  1. Content Creator

Dengan diciptakannya berbagai aplikasi digital seperti YouTube, Instagram, serta TikTok akan memberikan peluang pekerjaan dan bisnis yang begitu besar. Seringkali kita menemukan berbagai content creator yang membuat konten seperti video serta artikel yang menarik banyak pihak. Video dan artikel yang dibuat itu pun biasanya seperti video hiburan, video iklan, serta video edukasi. Tentunya kita dapat menghasilkan uang dari berbagai konten yang sudah dibuat.

  1. E-commerce

Melalui internet, semua orang dapat melakukan bisnis dari dalam rumah. Dengan tersedianya berbagai platform yang memfasilitasi proses jual beli barang, tentunya kita dapat berdagang melalui internet dengan sangat mudah. Kita dapat menjual berbagai barang yang kita miliki hanya dengan menggerakan jari dari dalam rumah kita. 

  1. Pengajar 

 Dalam bidang edukasi, baik guru maupun pengajar dapat memberikan ilmu melalui internet. Ada banyak situs yang memfasilitasi proses pengajaran tersebut. Tentunya, proses pengajaran dapat dilakukan dari dalam rumah. 

  1. Atlet E-sports.

Di era digital saat ini, esports menjadi salah satu cabang olahraga baru yang menjanjikan. Pemain esports tidak hanya bermain game untuk bersenang-senang, tetapi juga membawa keterampilan mereka ke kancah internasional dengan bermain melawan orang lain dari seluruh dunia. Semakin besar turnamen, semakin besar hadiahnya.

  1. System Administrator

Beberapa perusahaan membutuhkan kehadiran dari seorang system administrator. Ada pula pekerjaan dari system administrator adalah mengawasi dan memperbaiki kendala yang mungkin terjadi pada sistem komputer berupa hardware dan software. Menariknya ada beberapa perusahaan yang memperbolehkan seorang system administrator untuk bekerja dari dalam rumah. 

  1. SEO / SEM Specialist

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimizer sedangkan SEM merupakan kepanjangan dari Search Engine Marketing. Seorang SEO / SEM specialist memiliki tugas untuk mengatur dan memaksimalkan traffic dari sebuah website, sehingga website tersebut dapat mudah ditemukan dalam internet, SEO sendiri memiliki tugas inti yaitu untuk berfokus pada traffic website sedangkan SEM sendiri memiliki tugas untuk memasarkan website melalui iklan. 

  1. PPC Specialist

    PPC merupakan kepanjangan dari Pay Per Click. Seorang PPC specialist memiliki tugas untuk membuat strategi pengiklanan. Biasanya PPC Specialist harus memahami cara kerja dari berbagai metode pengiklanan yang ada, seperti google ads, youtube ads, facebook ads, tiktok ads, dan sebagainya. Seorang PPC specialist juga harus memahami berbagai macam tren yang sedang ada untuk menarik lebih banyak target pasar yang ada. 

Setelah kita melihat berbagai jenis pekerjaan yang ada tersebut, kita dapat memahami seberapa besar kesempatan yang ada di dalam era digital ini. Tentunya berbagai kesempatan tersebut haruslah kita manfaatkan sebaik mungkin. 

Daftar Pustaka :


  • Penulis: Mario Rinawan Belvanto, Naryama Hamonangan Lubis
  • Editor: Fisalma Maradita, Marcello Yoel