Pembangunan 800 BTS Oleh Indosat Guna Perluas Jaringan 5G

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) akan membangun 800 Base Transceiver Station (BTS) untuk memperluas layanan jaringan 5G di berbagai wilayah Indonesia. “IOH sudah mempunyai service 5G di lima kota dan akan dikembangkan lagi sampai akhir tahun ini hingga 800 BTS 5G di seluruh Indonesia. Tempatnya nanti akan diumumkan nanti,” kata Director & Chief Regulatory Officer IOH, Danny Buldansyah dalam konferensi pers IOH sebagai Official Partner 5G of 2022 Jakarta E-Prix, Jakarta, Selasa (31/5/2022).

Pada pertengahan tahun lalu, IOH ini telah membangun layanan 5G yang tersebar pada lima wilayah, yaitu Solo, Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan. Pada saat ini, pihak IOH belum bisa menyebutkan akan dilakukan pembangunan pada wilayah mana saja karena masih dilakukan pertimbangan. Salah satu pertimbangan ini yaitu IOH masih menganalisa kota dan tempat mana yang paling banyak penduduknya menggunakan smartphone 5G.

Jaringan 5G akan diterapkan pada frekuensi 3,5 Ghz sebesar 500 Mhz. Pihak perusahaan mengklaim kecepatan rata-ratanya mencapai 4 Gbps.

Sementara itu, akan diaadakan stan di Jakarta Royal Suite dan area E-Village untuk menampilkan sejumlah use case pemanfaatan teknologi 5G seperti cloud gaming.

Danny Buldansyah selaku Director and Chief Regulatory Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) memprediksi bahwa proses pembangunan ini akan selesai pada Desember 2022.

“Ini rencananya selesai satu tahun, jadi sebagian besar selesai Desember tahun ini sudah menjadi satu dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN). Ada sisa sedikit Maret tahun depan,” Ujar Danny.

DAFTAR PUSTAKA


  • Editor : Calvin Hartono