Teknologi Canggih Sukseskan Asian Games 2018

Sumber Gambar : https://www.lemonilo.com/blog/asian-games-2018-mengenal-lebih-jauh-logo-dan-maskot-asean-games-2018

Tanpa terasa Indonesia baru saja selesai dan sukses menyelenggarakan Asian Games 2018. Even yang baru – baru ini booming di kalangan masyarakat tentu saja menyisakan banyak kenangan yang membekas dalam diri kita. Namun dalam era digital ini tentu saja keberhasilan suatu even amat ditentukan dengan ketepatan dan kecanggihan teknologi komputer. Berikut contoh tiga teknologi yang berkesan saat Asian Games 2018 Energy of Asia

Teknologi sistem ticketing 

Untuk mengantisipasi adanya tiket palsu dan maraknya calo tiket, Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) selaku penyelengara Asian Games 2018 menerapkan sistem e-ticketing. Tiket yang dijual bukan dalam bentuk fisik melainkan e-voucher yang dilengkapi dengan QR code.

Tiket yang yang sudah dibeli dapat ditukar di lokasi dengan tiket fisik berupa wristband ticket. Untuk mengantisipasi adanya calo tiket, INASGOC menerapkan peraturan bahwa pendaftar harus menggunakan kartu tanda penduduk (KTP) atau surat izin mengemudi (SIM).

Kamera Hawk Eye

Untuk membuat pertandingan bulutangkis semakin menarik di Asian Games, kali ini akan dilengkapi dengan teknologi kamera hawk eye atau mata elang. 45 kamera hawk eye telah terpasang di Istora Senayan sebagai venue bulutangkis.

Adanya teknologi kamera hawk eye dapat membantu wasit dan hakim garis melihat lintasan shuttlecock dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Jaringan 5G

Pengunjung kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) selama Asian Games dapat menikmati layanan jaringan 5G yang sudah diuji oleh operator seluler, Telkomsel, selaku Official Mobile Partner.

Ada beberapa uji coba teknologi menggunakan jaringan 5G, di antaranya adalah Future Driving alias remote control mobil mainan dengan menggunakan teknologi virtual reality(VR). Kemudian Cycling Everywhere yang menunjuk kan pengalaman bersepeda dengan layar besar.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : https://www.msn.com/id-id/olahraga/pesta-olahraga-asia-2018/8-teknologi-canggih-yang-dipakai-saat-asian-games-2018/ar-BBLZaEL?li=AAfukE3

James Nicholas Suharjono