DIGITAL TWIN

Oleh Suryadi

2101636091

Terakhir kali saya lihat ada beberapa teknologi-teknologi canggih yang bermunculan. Kali ini saya akan bahas mengenai Digital Twin yang mungkin jarang orang mendengarnya. Nah, apa sih digital twin itu? Mari kita simak !

Kita tahu bahwa teknologi semakin sekarang ini semakin maju. Banyak sekali orang menggunakan teknologi dari yang biasa-biasa saja hingga yang sangat maju. Mungkin beberapa tahu bahwa dibalik alat-alat yang membantu kita dalam kehidupan sehari-hari dibaliknya terdapat teknologi yang sangat luar biasa.

Seperti halnya dengan Digital twin. Digital twin adalah sebuah model virtual dari fisik sebuah mesin seperti layaknya sebuah computer.

Lalu, konsep Digital twin ini layaknya seorang manusia. Mereka melihat, berfikir, dan juga melakukan.

Dengan melihat data untuk menciptakan kembaran virtual. Setelah itu, melakukan proses terhadap data-data tersebut, dan hasil atau dampak apa yang diberikan juga bagaimana pemeliharannya.

Digital twin merupakan sebuah model virtual yang dapat membantu manusia mengumpulkan informasi berbasis dan prediksi yang akurat guna melakukan pengambilan keputusan yang berpengaruh pada produktivitas perusahaan.

Digital twin ini sebagai salah satu cara untuk mempermudah manusia dalam mengumpulkan data dan prediksi yang akurat guna.

Untuk meningkatkan efisiensi dalam segala sumber daya mulai dari listrik, gas, angin hingga dalam bidang kesehatan dan bidang yang lainnya banyak hal yang harus dikembangkan. Teknologi ini merupakan salah satu cara untuk mengembangkan semua hal tersebut.

Salah satu contohnya adalah dibidang kesehatan. Digital twin dapat memonitoring pasien secara jarak jauh dengan cepat.

Bayangkan saja ketika seorang pasien diangkut oleh ambulans dan dibawa kerumah sakit. Diperjalanan pasien sangatlah lemah dan butuh pertolongan cepat yang hanya bisa dipahami oleh dokter maka dengan memonitoring secara jarak jauh dapat menolong pasien dengan cepat.

Source : http://gereports.co.id/post/160011409890/digital-twin-bantu-pengguna-hasilkan-keputusan

Suryadi