CEAFO 2021

Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer (HIMTEK) Universitas Bina Nusantara mengadakan kegiatan CEAFO (Computer Engineering All of One) pada tanggal 19 Februari 2022 dengan tema Learn IoT through Improving Security with ESP-32. CEAFO pada tahun ini diadakan secara online melalui Zoom Meeting. CEAFO terdiri dari beberapa kegiatan menarik, yaitu seminar yang bertemakan IoT (Internet of Things) yang menjelaskan tentang berbagai perangkat mikrokontroller seperti ESP-32 dan demonstrasi pembuatan alat pendeteksi gerakan menggunakan microcontroller ESP-32, PIR Motion sensor, dan Telegram Bot. Demonstrasi pembuatan alat dilakukan dengan tujuan untuk menunjukan penerapan sederhana dari sistem IoT. Kedua rentetan acara tersebut dibawakan oleh narasumber, Bapak Wiedjaja Atmadja, S.Kom, M.Kom, salah satu dosen yang mengajar di Jurusan Sistem Komputer.

 

 

 

 

Tema IoT dalam bidang keamanan diangkat pada acara CEAFO ini dikarenakan pesatnya perkembangan IoT dan terlihatnya peningkatan minat pasar terhadap teknologi IoT. Beberapa produk IoT yang laku dibeli pada e-commerce diantaranya ialah alat-alat Smart Home Security. Seperti CCTV yang terhubung melalui WiFi yang dapat digunakan untuk memonitor berbagai macam hal dan dapat dipantau melalui ponsel pintar.

Pada acara ini, selain menjelaskan mengenai topik yang telah ditentukan, narasumber juga menceritakan tentang pengalamannya ketika ia menerapkan teknologi IoT pada pertanian banyak membicarakan teknologi IoT lainnya yang akan semakin berkembang di Indonesia seperti rumah pintar, pertanian pintar, dan teknologi baru lainnya sebagai cara untuk membantu dalam setiap aspek kehidupan masyarakat. Pak Wiedjaja sendiri juga telah membuat IoT smart farming seperti fertigasi untuk Paprika dan fertigasi untuk Melon, Fertigasi untuk Tomat Cherry dan juga Mini Indoor Farming.
Sebagai pembekalan akan ilmu IoT, pada demonstrasi pembuatan alat, narasumber juga menjelaskan perangkat dan software ARDUINO IDE kepada para peserta dan kegunaannya pada perancangan perangkat IoT. Arduino IDE adalah platform open-source yang digunakkan untuk melakukan pemograman pada mikrokontroller. Software arduino IDE ini tidak hanya untuk memprogram board arduino UNO, tetapi juga untuk memrogram board yang lainnya seperti arduino nano, arduino genio, mappi32, nodeMCU, dan sejenisnya. Dengan melakukan pemograman mikrokontroller melalui software Arduino IDE kita dapat membaca input, menyalakan sensor, mendapatkan output dari sensor, mengaktifkan aktuator dan banyak lainnya. Untuk memudahkan pemahaman peserta terhadap mikrokontroler software Arduino IDE, narasumber juga menunjukan serta menjelaskan cara pembuatan alat deteksi gerak sederhana menggunakan perangkat ESP32, Software ARDUINO IDE, dan Telegram.