Western Digital Siap Mengeluarkan Hard Disk 20TB

Oleh : Nicholas Permana – 2301872476

            Western Digital atau bias akita kenal sebagai WD akan mengeluarkan Hard disk sebesar 20TB, yang menggunakan fitur OptiNAND. OptiNAND adalah teknologi ePMR (energy-assisted perpendicular magnetic recording technology) untuk akurasi read/write menjadi lebih akurat, perusahaan tersebut juga menggunakan System on Chip (SoC) yang dapat mengendalikan komunikasi HDD dengan Embedded flash drive (EFD). Hard disk pada umumnya akan menyimpan RRO metadata dan operasi write metadata dalam track account untuk meningkatkan ATI. Dengan adanya OptiNAND ini, RRO dan operasi write tersebut akan disimpan dalam iNAND drive yang akan membuat hard disk tersebut mempunyai free space lebih banyak, metadata yang lebih cepat, dan mengurangi jumlah read/write metadata, dimana itu akan meningkatkan perfoma. iNAND yang ada dalam hard disk tersebut bekerja seperti cache memory, dimana dia akan menyimpan data sementara agar dapat mengurangi latency dalam komunikasi HDD dengan bus lainnya yang ada di perangkat komputer. Seperti biasa kecepatan putar HDD tersebut adalah 7200 RPM yang menggunakan ePMR.

OptiNAND menambahkan beberapa keuntungan ke platform karena menyimpan berbagai jenis metadata pada EFD daripada memutar media. Teknologi ini membebaskan ruang on-board dan memungkinkan metadata yang terkait dengan pengulangan berulang (RRO) dan gangguan trek yang berdekatan (ATI) digunakan untuk pengontrol yang lebih cepat guna mengoptimalkan kinerja. Jumlah metadata yang disimpan pada HDD modern sangat besar, jadi dari perspektif kapasitas dan kinerja yang dapat digunakan, masuk akal untuk memindahkannya ke NAND. Selain itu, OptiNAND juga meningkatkan keandalan HDD.

Secara resmi, HDD yang dilengkapi OptiNAND Western Digital cocok untuk cloud dan pusat data perusahaan. Namun, OptiNAND siap untuk memenuhi kinerja dan tantangan kepadatan area yang efektif dari semua hard drive, jadi tidak ada yang menghentikan pengguna untuk menginstal drive ini di desktop atau NAS dan memanfaatkan semua fitur yang harus disediakan OptiNAND.

Saat ini, kami tidak tahu apakah Western Digital berencana untuk menyediakan HDD yang dilengkapi dengan OptiNAND 20TB ke saluran ini. Namun, tidak seperti HDD berbasis SMR, drive ini sebenarnya sangat masuk akal untuk pasar ini. Kecuali, tentu saja, tingkat harga mereka tidak terjangkau untuk penggemar biasa.

 

Ref: https://www.tomshardware.com/news/wdc-to-start-shipments-of-20tb-hdd-in-november