Komponen elektronika – Jenis-jenis Komponen

     Peralatan Elektronika adalah sebuah peralatan yang terbentuk dari beberapa jenis komponen elektronika dan masing-masing komponen Elektronika tersebut memiliki fungsi-fungsinya tersendiri didalam sebuah rangkaian elektronik. Seiring dengan perkembangan Teknologi, komponen-komponen Elektronika makin bervariasi dan jenisnya pun bertambah banyak. Tetapi komponen-komponen dasar pembentuk sebuah peralatan Elektronika seperti Resistor, Kapasitor, Transistor, Dioda, Induktor dan IC masih tetap digunakan hingga saat ini.

      Berikut ini merupakan jenis-jenis Komponen Elektronika yang sering digunakan dalam Peralatan Elektronik:

  1. Resistor
Contoh Resistor
Simbol Resistor

      Resistor adalah komponen elektronika pasif yang berfungsi untuk menghambat dan mengatur arus listrik dalam suatu rangkaian elektronik. Satuan Nilai dari resistor adalah Ohm. Nilai Resistor biasanya diwakili dengan kode angka ataupun Gelang Warna yang terdapat di badan resistor. Secara umum resistor memiliki 2 jenis yaitu Resistor Variabel dan Resistor Non-Variabel.

  1. Kapasitor
Contoh Kapasitor
Simbol Kapasitor

      Kapasitor atau biasa disebut dengan kondensator adalah suatu komponen pasif yang dapat menyimpan energi dalam medan listrik dalam suatu rangkaian elektronik. Satuan Nilai dari Kapasitor adalah Farad. Secara umum, kapasitor memiliki 2 jenis yaitu kapasitor kutub dan kapasitor non kutub.

  1. Induktor
Contoh Induktor
Simbol Induktor

      Induktor atau biasa disebut reaktor adalah suatu komponen pasif yang dapat menyimpan energi pada medan magnet yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melintasinya. Kemampuan induktor untuk menyimpan energi magnet ditentukan oleh induktansinya. Satuan nilai dari Induktor adalah Henry. Secara umum Induktor memiliki 2 jenis yaitu Induktor Variabel dan Induktor Non-variabel.

  1. Dioda
Contoh Dioda
Simbol Dioda

            Dioda adalah Komponen Elektronika Aktif yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik ke satu arah dan menghambat arus listrik dari arah sebaliknya. Dioda terdiri dari 2 Elektroda yaitu Anoda dan Katoda. Dioda memiliki 2 jenis yaitu Dioda Termionik yang biasa disebut Dioda Tabung dan Dioda Semikonduktor.

  1. Transistor
Contoh Transistor
Simbol Transistor BJT

            Transistor adalah komponen Elektronika Aktif yang memiliki banyak fungsi dan merupakan komponen yang memegang peranan yang sangat penting di dalam dunia Elektronik Modern. Dalam Rangkaian Analog, transistor digunakan dalam Amplifier atau biasa disebut penguat, dan dalam rangkaian digital, transistor digunakan sebagai saklar kecepatan tinggi. Beberapa transistor juga dapat dirangkai sedemikian rupa sehingga berfungsi sebagai gerbang logika, memori, dan fungsi rangkaian lainnya.

  1. IC (Intergrated Circuit)
Contoh IC

            IC atau Intergrated Circuit adalah suatu komponen elektronika aktif yang terdiri dari ratusan atau bahkan jutaan transistor, resistor, dan komponen lainnya yang diintegrasi menjadi sebuah rangkaian elektronika dalam sebuah kemasan kecil. IC biasa dipakai sebagai otak dari peralatan elektronika.

  1. Saklar (Switch)
Contoh Switch
Simbol Switch

Saklar adalah komponen Elektroniak yang digunakan untuk memutuskan jaringan listrik, atau sebaliknya. Jadi saklar pada dasarnya adalah alat untuk menyambung atau memutuskan arus listrik. Selain digunakan untuk jaringan listrik arus kuat, saklat berbentuk kecil juga biasa dipakai untuk alat komponen elektronika arus lemah.

Daftar Pustaka : http://elektronika-dasar.web.id

Steven