KAJIPOST OKTOBER

Tiktok Shop Resmi Ditutup, Bagaimana Nasib para Pedagang?

Subtopik : 

  1. Alasan dibalik Penutupan Tiktok Shop oleh Pemerintah 
  2. Apa dampak dari penutupan Tiktok Shop?
  3. Benarkah Tiktok Shop akan dibuka kembali pada 10 November 2023? 

Alasan dibalik Penutupan Tiktok Shop oleh Pemerintah

TikTok Shop resmi ditutup pada Rabu, 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB. Penutupan TikTok Shop berkaitan dengan masalah perizinan yang dipakai. Teten Masduki, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah,  mengatakan bahwa TikTok Shop tidak memiliki izin berdagang sebagai e-commerce, namun hanya memiliki izin sebagai Kantor Perwakilan Perusahaan Perdagangan Asing (KP3A). Beliau menegaskan TikTok Shop harus memiliki izin berdagang sesuai aturan hukum di Indonesia. Selain itu TikTok Shop harus ada badan hukum serta memiliki izin yang baru, sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik.

Isi dari Permendag 31 Tahun 2023 terdapat definisi media sosial, social commerce, dan e-commerce (lokapasar). Pemilik e-commerce sebagai pelaku usaha penyedia sarana komunikasi elektronik untuk transaksi perdagangan disebut Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE). Aturan perizinan beralih menjadi e-commerce berbarengan dengan larangan media sosial e-commerce berlaku untuk pengusaha dalam dan luar negeri.

Apa dampak dari penutupan Tiktok Shop?

Kita semua dapat melihat bahwa Tiktok dan juga Tiktok Shop sedang berada di puncak tertinggi social commerce di era digital ini. Begitu banyak inovasi kreatif yang memiliki dampak besar bagi masyarakat, khususnya masyarakat di Indonesia terus bermunculan.  Terdapat keuntungan tersendiri bagi para pengguna tiktok shop apalagi untuk para pelaku UMKM yang banyak beralih ke tiktok shop sejak aplikasi ini diminati oleh banyak pengguna. Terdapat berbagai fitur yang membantu para pelaku UMKM untuk menjalankan usahanya seperti melakukan pemasaran dan promosi produknya agar memiliki jangkauan yang makin luas. Selain bagi para pelaku UMKM, tiktok shop juga membawa keuntungan bagi para konsumen nya. Konsumen jadi memiliki lebih banyak pilihan barang, kualitas, harga, hingga promo yang menggiurkan yang dimana konsumen tidak harus datang ke toko secara langsung Namun, dengan ditutupnya tiktok shop ini, pada faktanya membawa dampak buruk bagi para pelaku UMKM yaitu, 

  • Menghambat  Pertumbuhan UMKM Indonesia, para pelaku UMKM yang sebelumnya sangat bergantung pada fitur penjualan di tiktok shop akan sangat kesulitan dalam mencari alternatif platform e-commerce lainnya yang sama efektif dengan tiktok shop. mereka tentu saja akan sangat dirugikan baik dari segi pasar maupun tingkat penjualan produk pun pasti akan menurun bila berpindah ke platform penjualan lain. 
  • Kehilangan Akses ke Pasar Luas,  para pelaku UMKM yang sebelumnya berjualan di tiktok shop akan kehilangan jangkauan pasar yang luas dan harus memulai kembali strategi pemasaran dengan mencari jangkauan pasar yang baru dari awal lagi di platform penjualan lain. tentu saja hal ini akan menimbulkan masalah baru bagi para pelaku UMKM, karena jelas platform lain tersebut memiliki perbedaan, beda masalah, beda prospek, dan lain sebagainya. 

Benarkah Tiktok Shop akan dibuka kembali pada 10 November 2023?

“ Belakangan ini, aplikasi Tiktok telah menutup Tiktok Shop pada 4 Oktober 2023 Meskipun tiktok shop secara resmi telah ditutup oleh Pemerintah, namun dengan nyatanya masih banyak penjual dan pembeli yang menginginkan dan berharap TikTok Shop beroperasi kembali. Pasalnya TikTok Shop dinilai menghadirkan kemudahan dalam bertransaksi dengan jual-beli. Selain itu, dari sisi konsumen mengatakan bahwa TikTok menawarkan diskon lebih banyak dan besar dibandingkan pasar lain. 

Rumor yang beredar bahwa Tiktok Shop akan dibuka kembali pada 10 November 2023 membuat heboh para penjual dan pembeli setia TikTok di media sosial. Berita ini berasal dari sebuah website yang tidak bisa dianggap sebagai informasi yang akurat sebab tidak ada informasi lebih lanjut terkait ini dari Pemerintah langsung. Selain itu, dari pihak TikTok pun tidak mengumumkan apapun di situs resminya mengenai kembalinya TikTok Shop.

Isy Karim, Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), mengaku belum menerima kabar rencana pembukaan kembali toko TikTok pada November mendatang. “ Saya belum tahu, belum ada perizinan E-Commerce” kata Isy Karim. Beliau juga menambahkan bahwa, pihak tiktok “pun” belum mengajukan izin kepengurusan E-commerce di Indonesia.

Referensi : 

Ekonomi.bisnis.com. “ CEK FAKTA: TikTok Shop Dibuka Lagi 10 November 2023, Benarkah? “. https://ekonomi.bisnis.com/read/20231009/12/1702351/cek-fakta-tiktok-shop-dibuka-lagi-10-november-2023-benarkah

Antarnews.com. Benarkah TikTok Shop kembali aktif November 2023? “. https://www.antaranews.com/berita/3768162/benarkah-tiktok-shop-kembali-aktif-november-2023

Detik.com. “Terungkap Alasan TiktokShop Ditutup”. https://www.detik.com/jatim/bisnis/d-6966407/terungkap-alasan-tiktok-shop-ditutup/amp