HIMSLAW LEGAL FESTIVAL (HLF) 2023

HIMSLAW LEGAL FESTIVAL 2023

HIMSLAW LEGAL FESTIVAL 2023 merupakan program kerja yang terdiri dari tiga rangkaian kegiatan, yaitu Dialog Mahasiswa yang mengangkat tema “Mengenal Lebih Dalam Hak Cipta Melalui Undang-Undang No. 28 Tahun 2014”, Workshop yang mengangkat temaPengenalan Mengenai Hak Intelektual dan Hak Paten, dan Legal Monthly Discussion I yang mengangkat tema “Pentingnya HKI Dalam Tata Kelola Hak Cipta dan Problematika yang Sering Terjadi di Indonesia, serta Penanggulangannya”.

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan sastra, sudah demikian pesat sehingga memerlukan peningkatan perlindungan dan jaminan kepastian hukum bagi pencipta, pemegang Hak Cipta, dan pemilik Hak Terkait. Sebagai bentuk Implementasi perlindungan hak cipta pemilik karya dapat dijaga dan dijamin oleh undang-undang sehingga dapat menaikkan animo para pemilik karya untuk terus berinovasi. Berdasarkan pertimbangan hal-hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Business Law BINUS University memutuskan untuk mengangkat tema “Mengenal Lebih Dalam Hak Cipta Melalui Undang-Undang No. 28 Tahun 2014” sebagai topik utama di dalam program kerja HIMSLAW LEGAL FESTIVAL 2023 dalam rangka berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat terutama mahasiswa-mahasiswi hukum mengenai pentingnya hak cipta.

Mengingat pentingnya kesadaran serta kontribusi dari semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat dalam memantau jalannya penerapan Hak Kekayaan Indonesia yang lebih baik, kami berharap dengan diadakannya HIMSLAW LEGAL FESTIVAL 2023 ini dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa Hukum terkait pengetahuan atas permasalahan disertai dengan solusi hukumnya, kami berharap calon sarjana hukum mendapatkan pengalaman serta pengetahuan yang dapat diimplementasikan untuk Indonesia yang lebih baik.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari pada tanggal 14 Agustus 2023, 16 Agustus 2023, dan 18 Agustus 2023. Pada tanggal 14 Agustus 2023 HIMSLAW LEGAL FESTIVAL 2023 mengadakan Dialog Mahasiswa secara online yang mengangkat tema Mengenal Lebih Dalam Hak Cipta Melalui Undang-Undang No. 28 Tahun 2014”. Pada tanggal 16 Agustus 2023 HIMSLAW LEGAL FESTIVAL 2023 mengadakan Workshop secara offline bertemakan “Pengenalan Mengenai Hak Intelektual dan Hak Paten”. Dan pada hari terakhir yaitu tanggal 18 Agustus 2023 HIMSLAW LEGAL FESTIVAL 2023 mengadakan Legal Monthly Discussion 1 yang bertemakan “Pentingnya HKI Dalam Tata Kelola Hak Cipta an Problematika yang Sering Terjadi di Indonesia, serta Penanggulangannya”.