Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi

Pengaruh Design Interface Terhadap User Experience

Dalam era digital yang semakin berkembang ini, desain antarmuka (Interface Design) memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk pengalaman pengguna (User Experience) ketika mengoperasikan aplikasi atau website itu sendiri. Desain antarmuka bukan hanya tentang tampilan visual menarik yang disajikan, tetapi juga tentang bagaimana pengguna menggunakan produk digital tersebut. Penggunaan elemen-elemen tertentu akan sangat mempengaruhi pengalaman pengguna karena terdapat perbedaan tingkat kenyamanan, kepuasan, dan efisiensi yang pengguna rasakan saat berinteraksi dengan produk digital tersebut.

Desain antarmuka sendiri merupakan faktor krusial dalam menentukan kenyamanan dan kepuasan pengguna saat menggunakan suatu produk digital. Desain antarmuka dapat dikatakan berhasil ketika penggunanya dapat dengan mudah menavigasi berbagai fitur tanpa merasa bingung. Selain itu, tampilan yang terorganisir dengan baik dapat mengurangi hambatan pengguna dalam menggunakan produk digital dan meningkatkan efisiensi pengguna dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Dengan terpenuhinya syarat tersebut, pengguna akan merasa senang dalam menggunakan produk tersebut dan dapat meningkatkan kelangsungan dari produk digital itu sendiri.

Disisi lain, desain antarmuka yang menarik akan dapat meningkatkan kuantitas dari pengguna itu sendiri. Ketika produk yang disajikan menarik perhatian pengguna, mereka cenderung untuk menjelajahi lebih dalam fitur yang disediakan oleh produk digital tersebut. Hal ini akan sangat berdampak positif karena dapat menjaga interaksi yang berkelanjutan dan meningkatkan kelangsungan dari produk digital tersebut. Dengan menggabungkan palet warna serta elemen-elemen yang serasi dapat menjadikan pengalaman pengguna lebih berkesan dalam menggunakan suatu produk digital.
Namun perlu diingat, dalam pembuatan desain antarmuka diperlukan juga kesesuaian antara produk digital dengan target penggunanya. Pemilihan desain yang tidak sesuai dengan target pengguna hanya akan memperburuk hubungan antara pengguna dengan produk tersebut. Sebagai contoh apabila terdapat produk digital yang dikhususkan untuk digunakan oleh anak muda tetapi desain antarmukanya menggunakan model lama atau terdapat elemen yang tidak cocok, maka akan dengan mudahnya membuat pengguna mudah bosan dan tidak tertarik untuk menelusuri lebih jauh. Hal tersebut akan sangat merugikan produk karena popularitas produk itu juga ikut menurun. Maka dari itu, penyesuaian desain dengan karakteristik target pengguna akan sangat berdampak baik untuk kelangsungan suatu aplikasi. 

Referensi:

DEWANTA, I. G. G. K. (2020, November 22). User Interface (UI) dan User Experiece (UX), Salah Satu Point Penting dibalik Kesuksesan Sebuah Aplikasi Mobile. School of Computer Science BINUS University. Retrieved August 20, 2023, from https://socs.binus.ac.id/2020/11/22/user-interface-ui-dan-user-experiece-ux-salah-satu-point-penting-dibalik-kesuksesan-sebuah-aplikasi-mobile/ 

Patria, R. (2023, January 11). Mengenal User Interface: Definisi, Fungsi, dan Contohnya. Domainesia. Retrieved August 20, 2023, from https://www.domainesia.com/berita/user-interface/ 

Smart Home Dashboard [Photograph]. Dribbble. https://dribbble.com/shots/6187958-Smart-Home-Dashboard 

Project Management UI/UX Mobile Design[Photograph]. Dribbble. https://pin.it/3HJ3bCf 

Nike Collection App[Photograph]. Dribbble. https://pin.it/2zNfVP0 

2602158840 - Rizky Bayu Prasetyo