Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus HIMPSIKO 2021

Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus HIMPSIKO 2021

 

Pada hari Jumat, 2 Juli 2021 sampai dengan Sabtu, 3 Juli 2021 telah dilaksanakan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) Calon Pengurus HIMPSIKO 2021 yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting. Setiap tahunnya, HIMPSIKO selalu mengadakan LDK Calon Pengurus guna mendapatkan sumber daya manusia yang baik dan berkompeten sebagai salah satu syarat untuk melanjutkan regenerasi periode selanjutnya. Dalam LDK Calon Pengurus HIMPSIKO 2021, kegiatan acara dirangkum dengan berbagai topik materi, yang tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan potensi diri maupun potensi organisasi yang dibawakan oleh dosen Psikologi BINUS, alumni HIMPSIKO, staff SCAC dan DPI HIMPSIKO periode 2021/2022.

Rangkaian kegiatan pada hari pertama diawali dengan materi I, yang dibawakan oleh dosen Psikologi BINUS, yaitu Kak Budi Sulaeman yang membahas mengenai Strategic Management. Kepengurusan HIMPSIKO 2021 baru berjalan sekitar 2-3 bulan sejak dilantik, karena kondisi yang masih terasa asing ini bagi beberapa orang, kami melihat bahwa diperlukannya suatu pembinaan yang spesifik membahas tentang seperti apa pengaturan kerja yang baik untuk organisasi ataupun pada individu yang ada didalamnya. Lalu dilanjut dengan dengan materi II yang dibawakan oleh alumni dari HIMPSIKO, yaitu Kak Reynald R, yang membahas mengenai Interview. Materi ini bertujuan untuk membekali calon pengurus seperti tata cara interview yang baik dan benar apabila nantinya berperan sebagai interviewee maupun interviewer. Materi terakhir pada hari pertama diisi oleh staff SCAC, yaitu Kak Maria Diajeng yang membahas mengenai Finance and Compliance, pada sesi ini membahas bagaimana suatu organisasi mengendalikan keuangan, bukan hanya pengeluaran tapi bagaimana program untuk alur pendapatan ataupun pemasukan kas organisasi. Hari pertama LDK Calon Pengurus HIMPSIKO 2021 diakhiri dengan debriefing dari Ketua Pelaksana Acara, yaitu Wira Bagus Santoso.

Hari kedua sekaligus hari terakhir acara LDK Calon Pengurus HIMPSIKO 2021 diawali oleh materi IV mengenai Branding yang akan dibawakan oleh staff SCAC, yaitu Kak Candy Reggi, detailnya pada sesi ini menjelaskan bagaimana suatu program kerja dalam organisasi dapat membantu meningkatkan “brand” organisasi, serta bagaimana pengelolaan media sosial yang baik. Dilanjut dengan materi V yang dibawakan oleh Sekretaris dan Bendahara Umum HIMPSIKO 2021, yaitu Ratu Alifia F dan Raihanadin Mahasani yang membawakan perihal Administrative and Operation dalam HIMPSIKO, materi ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai segala unsur penting dan struktur kepengurusan dalam HIMPSIKO yang bersifat administratif. Materi terakhir yang menutup acara LDK Calon pengurus HIMPSIKO 2021 adalah Materi VI, yang dibawakan oleh Ketua dan Wakil Umum HIMPSIKO 2021, yaitu Veolina Gestindha Purmansyah dan Wira Bagus Santoso, sesi terakhir ini menjelaskan mengenai Regenerasi yang dilakukan dalam suatu organisasi. Sebagai penutup pada hari terakhir, Ketua Pelaksana LDK Calon Pengurus HIMPSIKO 2021 menjelaskan setiap makna dari seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan selama berlangsungnya acara, dan diakhiri dengan calon pengurus berbagi kesan dan pesan selama kegiatan LDK berlangsung. Dengan adanya acara ini, kami berharap dapat menumbuhkan pemahaman calon pengurus mengenai teknik kepengurusan HIMPSIKO dengan lebih baik, selain itu calon pengurus dapat mengembangkan potensi diri masing – masing individu terkait dengan materi yang telah diberikan, dan dapat mempersiapkan calon pengurus untuk menjadi anggota HIMPSIKO yang berkualitas demi keberlangsungan kepengurusan HIMPSIKO kedepannya.

Berikut dokumentasi acara LDK Calon Pengurus HIMPSIKO 2021.