Alasan Mengapa Digital Marketing Penting Bagi Kesuksesan Bisnis Startup

Seiring dengan kemajuan teknologi, tren di dunia bisnis juga semakin bervariasi. Salah satunya adalah tren digital marketing. Lalu, sepenting apakah sebuah digital marketing diterapkan dalam bisnis yang menjual produk-produk tertentu? Untuk menjawab pertanyaan itu pembaca bisa menyimak penjelasan di bawah ini agar memahaminya secara jelas melalui informasi dibawah ini.

Upaya pemasaran merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap perusahaan startup, terutama bagi startup yang masih berada di tahap awal. Pemasaran membantu menciptakan brand awareness terkait produk yang dijual dan kegiatan pemasaran juga bisa membantu startup tahap awal dalam pembentukan perusahaan.

Oleh karena itu, hal terpenting bagi sebuah bisnis startup adalah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan budget yang minimal. Hal ini merupakan hal yang wajar, karena awal memulai sebuah perusahaan startup sendiri pasti terbentur dengan keterbatasan dana. Oleh karena itu, penggunaan digital marketing adalah suatu pilihan yang tepat dalam bisnis startup.

Digital marketing merupakan bentuk usaha dalam mempromosikan suatu merek dengan memanfaatkan media digital yang mana dapat menjangkau konsumen lebih luas, tepat waktu, akurat, serta relevan.

Lantas, mengapa digital marketing menjadi penting dalam suatu pembangunan bisnis? Berikut adalah 5 alasan mengapa digital marketing penting bagi kesuksesan sebuah bisnis.

  1. Jangkauan market yang luas dan tepat sasaran: Dengan digital marketing, target market dapat meluas terlebih pada sasaran yang selama ini tidak terdapat dijangkau pada penjualan offline. Hal ini terjadi karena digital marketing memungkinkan strategi market yang spesifik tak terbatas letak geografis sehingga sasaran customer dapat dibidik sesuai dengan target yang diinginkan. Banyaknya platform penjualan online juga menjadikan keberlangsungan pemasaran menjadi lebih mudah. Anda dapat memanfaatkan media sosial, website, marketplace, dan google shop untuk membantu kampanye iklan yang lebih efektif serta efisien dalam penjualan.
  2. Meningkatkan profit bisnis yang dijalankan: Profit bisnis berpeluang meningkat apabila digital marketing diterapkan di dalamnya. Seperti yang dipaparkan pada poin sebelumnya bahwa jangkauan pasar akan meluas serta dapat diakses oleh banyak customer dengan adanya digital marketing. Dengan demikian, hal ini akan berdampak pada peningkatan penjualan yang signifikan sehingga profit bisnis melimpah.
  3. Menempatkan posisi strategis dalam persaingan bisnis: Persaingan bisnis di era digitalisasi ini sangatlah ketat. Tentunya setiap perusahaan berlomba-lomba untuk mengoptimalkan pemasaran mereka supaya target pasar dapat tercapai. Maka dari itu, diperlukan suatu strategi agar bisnis yang  dikembangkan tetap berada dalam posisi strategis di persaingan bisnis. Strategi tersebut yaitu menerapkan digital marketing sehingga suatu bisnis memiliki kesempatan untuk mendapatkan posisi yang setara dengan perusahaan ternama lainnya.
  4. Membuat bisnis terlihat lebih profesional: Profesionalitas suatu bisnis dapat dilihat dari segi branding yang diperlihatkan. Dengan branding yang baik, customer akan lebih percaya dan juga tertarik dengan produk yang ditawarkan. Digital marketing dapat menjadi alat untuk meningkatkan branding suatu bisnis sehingga akan dikenal luas oleh pasar. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada citra perusahaan sehingga bisnis akan memiliki kredibilitas yang baik di mata customer karena mudah dijangkau terutama di portal internet.
  5. Memudahkan dalam melakukan evaluasi: Dalam dunia pemasaran, pelaku bisnis saling bersaing dengan pelaku bisnis lainnya. Bersamaan dengan itu, pelaku bisnis dapat melihat kekuatan dan kelemahan bisnis yang dijalankan dibandingkan dengan bisnis lainnya. Dengan begitu,akan memiliki bahan evaluasi ke depan seperti strategi pemasaran bagaimana yang berdampak tinggi, fitur layanan apa yang perlu diperbarui, dan sebagainya.

Setelah mengetahui pengertian apa itu dan beberapa konsep dasar dari digital marketing, apakah pembaca tertarik untuk mencobanya? Untuk memulai pemasaran menggunakan media digital, terdapat beberapa hal yang perlu  disiapkan.

  • Pertama, siapkan alat yang digunakan untuk melakukan pemasarannya. Beberapa alat bantu yang dapat digunakan dalam digital marketing seperti: website, akun media sosial, identitas brand dan produk, unggahan blog, jejak online (review, feedback dari pelanggan,dan lain-lain). Dalam dunia digital marketing, alat bantu ini merupakan aset bagi bisnis, sehingga optimalisasikan alat ini dengan maksimal.
  • Kedua, siapkan konten yang menarik perhatian dan shareable. Konten dapat berupa foto, video, tulisan atau yang lainnya. Pelaku bisnis juga harus menentukan tujuan pemasaran dan target pasar yang disesuaikan dengan konten.
  • Ketiga, pelaku bisnis dapat memulai mengunggah dan selanjutnya evaluasi setiap unggahan di setiap social media yang dimiliki, tentukan mana yang memberikan feedback dan fokuslah dalam beberapa aset yang memberikan feedback yang baik bagi bisnis yang hendak dikembangkan.
  • Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace public. Usahakan profil bisnis memiliki tampilan yang bagus, karena akan berpengaruh terhadap citra brand.

Sekarang, sudah tahu kan betapa pentingnya digital marketing bagi bisnis? Segera terapkan digital marketing untuk bisnis pembaca supaya perkembangan bisnis yang dijalankan dapat lebih masif!

 

Referensi:

Fitri, H. (2022, 23 Februari). Pentingnya digital marketing bagus bisnis. Indiekraf.com https://indiekraf.com/pentingnya-digital-marketing-bagi-bisnis/

Jurnal Entrepreneur. (2021, 5 Agustus). Mengenal Digital Marketing Konsep dan Penerapannya. https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/

 

  • Penulis: Elly Indah Rahmita