SID (Sit In Day) – Exploring Tomorrow’s World

SID (Sit In Day) – Exploring Tomorrow’s World

Pada kesempatan kali ini, HIMPGSD (Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar) mengajak para anggotanya untuk mengunjungi berbagai instansi pendidikan dalam kegiatan Sit In Day 2024. Tema dari kegiatan ini adalah “Exploring Tomorrow’s World” yang menggambarkan salah satu tujuan kegiatan ini, yaitu untuk memperluas wawasan para peserta mengenai beberapa prospek kerja di dunia pendidikan. Kegiatan ini berlangsung selama 10 hari, dari tanggal 13 Mei – 22 Mei 2024. Selama periode tersebut, HIMPGSD telah melakukan kunjungan selama 2 hari, pada tanggal 13 Mei dan 22 Mei.

Pada tanggal 13 Mei, sebanyak 28 peserta berangkat ke Apple Developer Academy. Para peserta didampingi oleh dosen-dosen PGSD seperti Pak Wahyu Setioko, Sir Jimmy Sapoetra, Pak Freddy, dan  Pak Suwarno. Dengan semangat membara untuk mempelajari hal baru, para peserta berkumpul dan berangkat bersama-sama. Sesampainya di sana, kami diajak berkeliling dan melihat-lihat fasilitas kantor Apple. Fasilitas dan infrastrukturnya tidak kalah banding lho dengan kantor apple di luar negeri! Setelah berkeliling, para peserta pun berkumpul bersama dan berdiskusi dengan mentor-mentor Apple Academy.

Di hari yang sama, 5 peserta, beserta dosen-dosen PGSD, melanjutkan perjalanannya menuju Sekolah Alam Cikeas. Di sana, para peserta diperkenalkan dengan identitas Sekolah Cikeas, mulai dari visi-misinya, sistem pembelajarannya, kurikulum yang digunakan, dan nilai yang dijunjung, yaitu sekolah ini sangat menekankan pentingnya untuk menghargai,  mengelola dan menjaga alam. Setelah itu, para peserta juga diajak keliling sekolah untuk melihat fasilitas-fasilitasnya yang begitu luas dan terbuka, seperti mini farm, plant nursery, dan amphitheater.

Pada tanggal 22 Mei, HIMPGSD kembali melakukan kunjungan. Sebanyak 5 peserta berangkat ke Sekolah Citra Kasih. Setiap peserta diijinkan untuk masuk ke kelas yang berbeda dan mengobservasi pembelajaran yang berlangsung. Para peserta juga diperbolehkan untuk ikut serta dalam pembelajaran dan berinteraksi dengan siswa-siswi.

Melalui kegiatan ini, HIMPGSD berharap para peserta bisa melihat bagaimana beberapa sekolah melaksanakan kegiatan belajar-mengajar. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mengubah persepsi para peserta bahwa lulusan PGSD tidak hanya bisa menjadi guru SD saja, namun masih ada banyak pekerjaan dalam dunia pendidikan yang bisa mereka geluti sesuai dengan minat mereka masing-masing.

Louise Evelyn Tan