Welcoming Party dan HUT PGSD 2023

Welcoming Party dan HUT PGSD 2023 

Welcoming Party & HUT PGSD merupakan salah satu program tahunan HIMPGSD yang membawa kesan berharga dan kenangan manis untuk keluarga besar PGSD BINUS University. Acara ini menjadi wadah untuk memperkenalkan mahasiswa/i baru PGSD dan merayakan ulang tahun PGSD.  

Pada tahun ini, PGSD BINUS University berumur 9 tahun sejak 17 September 2014 lalu didirikan. Welcoming Party dan HUT PGSD kali ini, diadakan pada tanggal 23 September 2023. Kegiatan berlangsung dari pukul 12.45 WIB – 16.35 WIB di Kijang Function Chamber (KFC), Kampus Kijang BINUS University.  

“Just Be U” menjadi judul acara Welcoming Party dan HUT PGSD Ke-9 dengan berlandaskan tema “Be What You Wanna Be”. Tema ini terinspirasi dari beragam karakter disney yang berhasil menjadi lebih berani keluar dari zona nyaman mereka dan menjadi diri mereka sendiri. Hal seperti ini yang menjadi harapan kami untuk peserta yang hadir dalam Welcoming Party dan HUT PGSD Ke-9, lebih peduli dan mengeksplor kemampuan diri serta “Be What You Wanna Be!”. Dengan berpakaian dengan bertemakan Disney, banyak peserta memperlihatkan antusiasnya melalui cara berpenampilan mereka yang menyerupai ragamnya karakter disney.  

Pukul 12.00 WIB, open gate dimulai dan para peserta berdatangan. Acara HUT PGSD dibuka pukul 12.45 oleh Nissa Herlina dan Shabrina Istaghfirlana selaku MC. Dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Christin Elsa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne BINUS, dan Mars Binusian.  

Setelah menyanyikan lagu, acara dilanjutkan dengan penayangan video profile PGSD BINUS University, diikuti pemberian kata sambutan dari ketua pelaksana, yakni Grace Minar dan ketua umum HIMPGSD, yakni Dhea Maharani. Pemberian kata sambutan juga diberikan oleh ketua SOA, yakni Bapak Jimmy Sapoetra, S.S., M.Pd dengan dilanjutkan pemberian materi kilas balik oleh beliau.  

Acara berlanjut dengan pemberian kata sambutan dari Dr. Elisa Carolina Marion, S.S, M.Si selaku dekan fakultas humaniora dan memperkenalkan ketua jurusan PGSD yang baru, yakni Bapak Wahyu Setioko, S.Si., M.A. Dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai simbolis perayaan ulang tahun PGSD BINUS University yang ke-9. Penampilan memukau Binusian 2025 yang membawakan drama musikal membuat suasana acara menjadi lebih menyenangkan.  

Kemudian, acara berjalan ke sesi sharing dengan pembicara, yakni Kak Jupiter dan Kak Delly Rachma Putri, S.Pd. Sesi sharing ini membagikan cerita dari sudut pembicara masing-masing bagaimana mengatur waktu perkuliahan dan organisasi hingga tips and trik dilirik sekolah-sekolah bergengsi.  

Menuju akhir acara HUT PGSD, Binusian 2025 menampilkan penampilan memukau lainnya, yakni band Semfive dengan perpaduan suara dan iringan musiknya yang keren. Acara HUT PGSD ditutup oleh foto bersama dari dekan hingga alumni kemudian dilanjut oleh acara Welcoming Party pukul 15.25 WIB.  

Welcoming Party dibuka oleh penampilan Binusian 2027 yang tentunya membuat rangkaian acara semakin meriah. Dilanjutkan dengan memperkenalkan HIMPGSD melalui penayangan video program kerja HIMPGSD.  

Setelah memperkenalkan HIMPGSD, kegiatan selanjutnya adalah kegiatan yang menguji kosentrasi, kekompakan, namun juga menciptakan keseruan hingga meningkatkan interaksi satu sama lain dari mahasiswa/i PGSD, yakni games Tower Cup dan Hold Breath. Dari suasana menyenangkan setelah sesi games terjadi, suasana menjadi lebih menyenangkan dengan penampilan spesial dari Binusian 2026 dan Binusian 2025.  

Menuju akhir acara, pembacaan menfess, pengumuman pemenang games, dan pengumuman konstum terbaik disampaikan oleh MC. Tidak lupa, panitia sekaligus Binusian 2026 memberikan penampilan penutupan dengan menyanyikan lagu Beauty and The Beast dilatari tarian dansa yang indah.  

Rangkaian acara Welcoming Party dan HUT PGSD Ke-9 ditutup oleh doa yang dipimpin oleh Daffa Haikal Rahman. 

Acara Welcoming Party dan HUT PGSD Ke-9 ini tentunya menjadi kenangan tersendiri untuk keluarga besar PGSD.

Afu Widyanti