Metode Mengajar “Mind Mapping”
Metode mengajar dengan cara “mind mapping”
Jihan Salsabillah
210164747
Mind mapping adalah sebuah cara baru untuk mencatat
ide mauoun gagasan pikiran. Tujuan mind mapping adalah membantu siswa mengingat sesuatu lebih detail dan menjadikan kegiatan belajar lebih menyenangkan dan lebih menghemat waktu. Mind mapping digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban. langkah-langkah membuat mind mapping. Pertama, guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai. Kedua, guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa (sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban). ketiga, membentuk kelompok yang anggotanya 2 sampai 3 orang. Keempat, tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi. Kelima, tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokan sesuai kebutuhan guru. Keenam, dari data-data papan, siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru
Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :
Robert Bala, 2017. Creative teaching (mengajar mengikuti kemauan otak). Jakarta. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia