Gurun Pasir Telaga Biru

Gurun Pasir Telaga Biru terletak di Dusun Busung, Kecamatan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Gurun ini memiliki luas hingga 6.000 hektar. Tempat ini mirip sekali dengan Timur Tengah dimana sejauh mata memandang anda akan melihat pasir putih, telaga air berwarna biru seperti oase, dan terik matahari yang menyengat. Gurun pasir ini dulunya adalah tambang pasir bauksit yang kini sudah mengeras seperti karang. Pada masa Orde Baru kegiatan penambangan ini dihentikan. Setelah puluhan tahun terbengkalai, cekungan bekas galian terisi air hujan dan membuatnya menjadi telaga air berwarna biru.

Dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat setempat mulai mengelola tempat ini sebagai objek wisata. Gurun Pasir Telaga Biru ramai dikunjungi wisatawan. Wisatawan tidak perlu bayar tiket masuk, namun untuk parkir kendaraan Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Selain itu juga ada perahu bebek dan perahu kano di telaga dengan biaya sewa sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000. Wisatawan bisa beristirahat sambil menikmati es kelapa muda dan minuman lainnya di kedai-kedai sekitar gurun ini jika lelah berkeliling gurun. Gurun Pasir Telaga Biru ini memiliki pemandangan yang indah dan belum ada di tempat mana pun di Indonesia. 

Sumber:
https://travel.kompas.com/read/2018/06/12/103300027/cantiknya-gurun-pasir-telaga-biru-di-bintan-serasa-di-timur-tengah?page=all