Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan salah satu taman nasional di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera. Taman Nasional Kerinci Seblat juga merupakan taman nasional terluas di Sumatera yang wilayahnya meliputi 4 provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan dengan total luas 1.375.349,867 hektar atau 13.750 kilometer persegi. Taman nasional ini juga telah resmi masuk dalam daftar World Heritage Sites UNESCO.

Pada kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat terdapat banyak sekali jenis dan ragam hewan dan juga tumbuhan yang juga termasuk jenis endemik langka yang dilindungi di Indonesia. Terdapat lebih dari 4.000 jenis tumbuhan yang hidup dan dilindungi di kawasan ini  antara lain adalah edelweiss, kantong semar, rafflesia arnoldii, dan bunga bangkai atau Amorphophallus titanum yang merupakan bunga tertinggi di dunia. Selain itu, kawasan taman nasional ini juga melindungi sekitar 370 jenis burung, 85 jenis mamalia, 7 jenis primata, 6 jenis amfibi, dan 10 jenis reptil yang antara lainnya adalah badak sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, tiung sumatera, kera ekor panjang, dan julang emas.

Di Taman Nasional Kerinci Seblat wisatawan yang berkunjung dapat melakukan aktivitas yang sangat menarik seperti mendaki gunung kerinci, mendaki gunung seblat, berpetualang menyusuri Taman Nasional Kerinci Seblat, mengunjungi Danau kaco, mengunjungi Gua Sengering, dan lainnya. 

Sumber:

https://travel.tribunnews.com/2017/02/18/epic-jangan-langsung-pulang-setelah-turun-dari-gunung-kerinci-kunjungi-dulu-5-destinasi-ini 

https://regional.kompas.com/read/2022/01/19/111500678/mengenal-6-taman-nasional-indonesia-yang-ditetapkan-sebagai-situs-warisan?page=all#page2 

https://www.tempatwisata.pro/wisata/Taman-Nasional-Kerinci-Seblat 

https://rimbakita.com/taman-nasional-kerinci-seblat/