Gudeg Legendaris di Yogyakarta

Hai Parisians! Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya wisata kuliner kan? Nah, wisata kuliner merupakan kegiatan berwisata yang mengutamakan tema kuliner di daerah destinasi tersebut, kuliner bisa berupa makanan dan minuman. Topik kali ini adalah kuliner di Jogjakarta. Jogja merupakan salah satu kota yang terkenal akan pariwisata kulinernya, salah satu hidangan terkenal dari daerah istimewa ini adalah gudeg. Di Jogja tepatnya di jalan Malioboro terdapat satu gudeg yang sudah melegenda semenjak zaman penjajahan Belanda loh Parisians.

Gudeg yang dibicarakan ini adalah Gudeg Mbah Lindu, Mbah Lindu sudah berjualan gudeg selama 80 tahun. Mbah Lindu mulai berjualan gudeg legendaris ini semenjak beliau berusia 13 tahun. Gudeg ini bisa terkenal karena perjuangan Mbah Lindu saat berjualan gudegnya. Gudeg Mbah Lindu ini pernah masuk ke serial Netflix loh Parisians pada tahun 2019 di serial berjudul Street Food: Asia. Keunikan lain dari Gudeg Mbah Lindu adalah cara memasaknya masih menggunakan cara tradisional, peralatan masak tradisional, dan dapur yang sangat sederhana di mana dinding dapurnya masih terbuat dari anyaman bambu dan tiang-tiangnya terbuat dari kayu. Tungku untuk memasak gudeg terbuat dari tanah liat yang memanjang. Di dalam satu tungku tersebut terdapat dua lubang yang berfungsi untuk memasak. Walaupun sudah ada kompor gas, Mbah Lindu tetap menggunakan kayu bakar. Sebab, dengan menggunakan kayu bakar dapat membuat api yang tingkat kepanasannya berbeda dengan menggunakan gas. Terlebih lagi kayu bakar membuat masakan gudeg menjadi terasa istimewa. Resep Gudeg Mbah Lindu sudah diturunkan turun temurun kepada keluarganya. Mbah Lindu sudah belajar membuat gudeg sejak kecil, karena pengalaman Mbah Lindu dalam meracik bumbu gudeg sudah dimulai sejak usia dini, beliau jadi lebih hafal dengan takaran bumbu untuk gudegnya.

Jadi tunggu apa lagi Parisians, ayo kunjungi Gudeg Mbah Lindu yang terletak di jalan Malioboro. Tidak cuma enak harganya juga murah dan terjangkau, dimulai dari Rp.15.000 sampai dengan Rp. 25.000.

 

Sources :

Gudeg Mbah Lindu

https://food.detik.com/info-kuliner/d-5091245/5-fakta-sejarah-gudeg-mbah-lindu-yang-lezatnya-legendaris

https://www.kompas.com/food/read/2020/07/14/190600875/5-fakta-gudeg-mbah-lindu-yang-legendaris?amp=1&page=2