Fibonacci, Sebuah Rangkaian Bilangan yang Unik

Di setiap kali kita bertemu dengan pelajaran Matematika, pasti kita pernah bertemu dengan yang namanya “Bilangan Fibonacci”. Tentunya, rangkaian bilangan ini terbilang cukup unik karena tidak terbatas dan mampu membuat spiral. Dalam artikel ini, kita akan mengetahui sedikit dari Bilangan Fibonacci itu sendiri.

Bilangan Fibonacci adalah rangkaian bilangan yang dimana sebuah nomor adalah tambahan dari dua nomor terakhir yang dimulai dari 0 dan 1. Rangkaian bilangan ini ditemukan pertama kali dalam matematika India yang berhubungan dengan prosodi bahasa Sansekerta. Lalu, waktu berjalan hingga kumpulan bilangan tersebut muncul kembali di dunia barat di dalam buku Fibonacci yang berjudul “Liber Abaci”. Salah satu isi dari buku tersebut adalah cara menghitung pertumbuhan populasi kelinci. Istilah “Fibonacci sequence” pertama dipakai oleh Edouard Lucas pada tahun 1877.

Urutan bilangan Fibonacci adalah 0, 1, 1, 2, 3, 4, 8, 13, 21, 34, 55 dan seterusnya. Untuk mencari bilangan berikutnya, kita dapat menggunakan rumus Fn = Fn-1 + Fn-2 dengan F1 = 0 dan F1 = F2 = 1. 

Bilangan Fibonacci ini kita dapat lihat secara langsung dalam kehidupan nyata kita. Beberapa di antaranya adalah kelopak bunga, kepala biji, cabang-cabang pohon, kerang, galaksi spiral, dan awan pada saat badai terjadi. Contoh-contoh tersebut membentuk sebuah spiral yang tentunya menggunakan Fibonacci.

Fibonacci ternyata dapat digunakan dalam pengembangan tangkas karena Fibonacci adalah alat yang cukup berguna untuk memperkirakan waktu untuk menyelesaikan masalah. Cara kerjanya adalah sebuah sistem poin sering digunakan untuk memberikan perkiraan tingkat tinggi dari ukuran tugas yang spesifik. Jika tugasnya kompleks dan besar, maka kita akan mendapatkan banyak poin, sedangkan jika tugasnya kecil, maka kita akan mendapatkan poin yang sedikit.

Sekian artikel kali ini. Tentunya, banyak yang dapat dipelajari dari bilangan ini. Maka dari itu, tetaplah mencari dan semangat belajar.

Referensi:

https://www.mathnasium.com/examples-of-the-golden-ratio-in-nature

https://www.livescience.com/37470-fibonacci-sequence.html

https://www.mathsisfun.com/numbers/fibonacci-sequence.html

https://elearningindustry.com/fibonacci-sequence-what-is-and-how-applies-agile-development

Ricky Rivaldo Jikson