7 Cara Menghadapi Kelelahan Emosimu

Apakah Anda pernah merasakan sedih dikarenakan mengalami lelah yang berkepanjangan? Sulit untuk mengembalikan semangat, ataupun perubahan mood yang tidak stabil. Mungkin saja Anda sedang mengalami yang namanya, kelelahan emosional (Emotional Exhaustion).

Gejala yang dapat kita identifikasi ialah, lelah yang berkepanjangan, kurang semangat, merasa habis energi, malas melakukan hal yang biasa disukai, tidak ingin bertemu dengan orang lain, sulit ataupun kelebihan tidur yang dapat meongganggu aktivitas normal sehari-hari, serta merasakan masalah fisik, seperti sakit kepala, nyeri sendi, hingga sakit tenggorokan.

Banyak sebab dari terjadinya gejala-gejala tersebut, yaitu kerja dalam durasi yang lama, kerja dengan tekanan tinggi, masalah finansial, atau menjalani banyak hal dalam waktu bersamaan. Ada berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut, diantaranya ialah:

  1. Membatasi kegiatan yang terlalu melelahkan untuk dilakukan. Semakin banyak hal yang kamu lakukan, semakin terkuras juga energi fisik dan mentalmu.
  2. Memakan makanan yang sehat, seperti buah dan sayur, dan tidak mengkonsumsi banyak gula. Dengan mengkonsumsi makanan sehat kamu tidak hanya mendapatkan vitamin dan mineral tetapi juga dapat meningkatkan pencernaan, tidur, dan tingkat energi yang dapat menyeimbangkan emosi kamu juga lho.
  3. Olahraga agar tubuh merasa segar dan ringan. Dengan melakukan aktivitas fisik dapat meningkatkan kondisi emosional dan mengalihkan pikiranmu dari masalah yang sedang kamu hadapi, coba dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki 30 menit per hari.
  4. Hindari minuman beralkohol. Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat mengganggu tidur .
  5. Istirahat dengan tidur yang cukup. Jangan kelebihan ataupun kekurangan. Kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik dengan merencanakan waktu tidur dan juga membatasi meminum kafein agar tidak menggaggu waktu tidur yang sudah kamu rencanakan.
  6. Bercerita kepada teman ataupun keluarga. Bercerita dengan keluarga ataupun orang terdekat merupakan salah sat cara yang efektif. Mereka akan mendengarkan kamu tanpa menghakimi.
  7. Kalau teman merasa kurang membantu, Anda dapat mencari bantuan profesioal. Seperti psikolog ataupun pusat-pusat pelayanan kesehatan mental. Bantuan yang diberikan para ahli memiliki beberapa teknik, salah satunya ialah berlatih perhatian penuh dengan metode meditasi, yoga, latihan pernapasan ataupun dengan pergi berjalan-jalan.

Memikirkan banyaknya harapan dan tekanan orang lain kepada diri kita tetapi yang terjadi justru kita yang tidak memanusiakan diri. Tetapi, sesungguhnya apa yang penting untuk diri kita belum tentu penting untuk orang lain. Oleh karena itu, kita harus benar-benar tahu apa aja hal yang harus kita pikirkan dan apa yang tidak.

Sebagai manusia merasa lelah, marah dan sedih adalah hal yang normal, tidak apa untuk dilakukan. Lampiaskan dengan menangis pun tidak memalukan dan jangan berhenti untuk membuat diri kita bahagia.

Happy weekend everyone! Semoga tips diatas bisa membantu kamu untuk mengatasi segala kelelahan yang sedang kamu alami.

Fadhila Tamama