Figma vs Adobe XD, Mana yang Lebih Unggul?

Figma adalah vector design tool yang bersifat online dan collaborative. Kedua sifat ini telah menarik perhatian orang-orang sejak pertama kali peluncurannya. Sifat collaborative yang dimaksud adalah beberapa orang dapat bekerja dalam satu file design yang sama di waktu yang bersamaan. Figma sangat amat popular di kalangan UI/UX designer dikarenakan kemudahannya dalam membuat user interface. Figma tersedia dalam versi desktop maupun web based.

Lain halnya dengan Adobe XD yang juga merupakan vector design tool. Adobe XD baru meluncurkan fitur collaboration untuk menyusul ketinggalannya dengan kompetitornya. Namun, masih banyak perbedaan antara kedua software design ini, yaitu dari segi platforms pendukung, document sharing, interactions, ketersediaan frames/artboards, dan ukuran aplikasi.

  1. Platforms Pendukung

Figma: Dikarenakan Figma adalah web-based application, aplikasi ini mendukung proses editing di browser manapun. Tak hanya di browser, figma versi desktop juga dapat diunduh di Windows, Mac OSX X, dan Linux. Figma juga menawarkan fitur Figma Mirror yang dapat terhubung dengan perangkat mobile untuk melihat hasil desain jika berada di perangkat sebenarnya.

Adobe XD: Adobe XD merupakan desktop application sehingga hanya tersedia untuk Windows dan Mac OS X.

  1. Document Sharing

Figma: Figma mengizinkan pengguna untuk mengundang pengguna lainnya dan menentukan apakah pengguna lainnya dapat melihat, mengedit, atau memberi komen. Tersedia juga fitur teams dimana pengguna dapat menambahkan banyak pengguna lain ke dalam satu tim, sehingga proses document sharing hanya perlu dilakukan sekali tapi dapat disebar ke banyak pengguna.

Adobe XD: Adobe XD juga memiliki fitur yang mirip dengan Figma namun berbeda dari segi penamaan. Design Review digunakan untuk memberikan komentar atas desain yang ada. Development digunakan untuk membagi desain ke developer lainnya. Namun, jika untuk dapat melihat desain yang telah dibuat, pengguna harus memiliki akun Creative Cloud terlebih dahulu.

  1. Interactions

Figma: Pengguna hanya dapat menentukan satu interaction per satu elemen user interface. Figma juga tidak memiliki beberapa interaksi yang ada di Adobe XD, misalnya mouse enter, mouse leave, mouse up, mouse down, dan after delay.

Adobe XD: Pengguna dapat menentukan dua interaksi di satu elemen yang sama. Selain memiliki jenis interaksi yang lebih banyak dari Figma, Adobe XD juga menyediakan speech playback, keys, dan game-pad triggers.

  1. Ketersediaan Frames/Artboards

Figma: Figma menawarkan banyak pilihan ukuran frames mulai dari untuk ukuran Website, Windows, Mac, iPhones, Android, Google Pixels, iPads, dan beberapa pilihan bingkai sosial media. Pengguna juga dapat membuat ukuran bingkai secara bebas.

Adobe XD: Adobe XD juga menawarkan banyak pilihan bingkai seperti Figma, namun di Adobe XD pengguna hanya dapat membuat artboard secara portrait views yang ditujukan untuk smartphones.

  1. Ukuran Aplikasi

Figma: Ukuran file Figma desktop app hanya sebesar 79.5 MB

Adobe XD: Ukuran yang diperlukan untuk menginstall Adobe XD adalah 2 GB

Kesimpulannya, berdasarkan perbandingan dari segi platforms pendukung, document sharing, interactions, ketersediaan frames/artboards, dan ukuran aplikasi, Figma masih jauh lebih unggul dari Adobe XD. Dikarenakan Figma memiliki ukuran aplikasi kecil, perangkat yang digunakan akan bekerja lebih ringan dibanding saat menggunakan Adobe XD.

Referensi:

SAFIRA AUDRE - KOMISI 3 - B2024