Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara merupakan cara pandang dan sikap bangsa Indonesia dalam mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang bersumber dari Pancasila dan berdasarkan Pembukaan UUD 1945.

Wawasan nusantara merupakan dasar pengetahuan dari sebuah negara agar dapat mencapai tujuan nasional dan tetap mengedepankan nilai persatuan. Sebagai warga Indonesia, kita perlu memiliki pengetahuan mengenai bangsa dan negara Indonesia.

Wawasan nusantara memiliki konsep dasar sebagai suatu cara pandang warga Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu :

  1. Konsep persatuan dan kesatuan

Dalam konsep ini, wawasan nusantara bertujuan untuk memperkuat nilai persatuan dan kesatuan antar suku bangsa di Indonesia.

  1. Konsep kebangsaan

Konsep ini mengandung makna bahwa negara Indonesia terdiri dari berbagai bangsa dan suku sehingga bisa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

  1. Konsep Bhinneka Tunggal Ika

Konsep ini mengandung makna bahwa negara Indonesia memiliki beragam budaya dan masyarakatnya memiliki latar belakang yang berbeda.

  1. Konsep negara kepulauan

Karena Indonesia merupakan negara kepulauan, konsep ini memiliki makna bahwa lautan sebagai media persatuan dari banyaknya pulau-pulau di Indonesia.

  1. Konsep Geopolitik

Konsep ini mengandung makna untuk mengajak warga Indonesia punya pengetahuan mengenai letak geografis Indonesia sehingga mempunyai rasa persatuan untuk menjaga keutuhan wilayah Indonesia.

Wawasan nusantara juga memiliki asas, sehingga nantinya ada hal-hal dasar yang ditaati, dipatuhi, dipelihara, dan diciptakan untuk mencapai kesepakatan bersama antar golongan dan suku di Indonesia. Asas wawasan nusantara adalah

  1. Kepentingan yang sama

Setiap warga Indonesia harus memiliki rasa kepentingan bersama sebagai warga Indoensia sehingga nantinya dapat mencapai tujuan dan cita-cita nasional.

  1. Keadilan

Dalam mewujudkan cita-cita nasional, kita tidak boleh merugikan pihak tertentu dan mementingkan kepentingan golongan dan kelompok.

  1. Kejujuran

Untuk mencapai cita-cita nasional, warga Indonesia harus memiliki keberanian untuk berpikir, berkata dan bertindak sesuai dengan realita yang terjadi.

  1. Solidaritas

Adanya rasa setia kawan, mau memberi, serta berkorban untuk orang lain yang bisa menjadi kekuatan untuk mewujudkan tujuan nasional.

  1. Kerjasama

Adanya kebersamaan, gotong royong, dan saling pengertian agar bisa tercapai sinergi yang lebih baik untuk mewujudkan cita-cita nasional.

  1. Kesetiaan

Untuk bisa mencapai tujuan nasional, seluruh warga Indonesia harus membuat kesepakatan bersama sebagai tonggak utama agar dapat tercipta kesatuan dan kesatuan dilengkapi dengan berbagai usaha.

Dalam penerapan wawasan nusantara harus mencerminkan pola pikir, sikap, dan perbuatan kehidupan bermasyarakat yang baik dan berorientasi pada kepentingan rakyat. Berikut contoh penerapan wawasan nusantara di berbagai bidang, yaitu :

  1. Bidang sosial-budaya

Memiliki sikap hormat, saling menghargai, dan menerima setiap perbedaan yang ada di Indonesia.

  1. Bidang politik

Dapat menciptakan iklim penyelenggaraan negara yang sehat, bermartabat, serta dinamis. Dan menciptakan pemerintahan yang kuat, bersih, dapat dipercaya, serta mengedepankan kepentingan berbangsa dan bernegara.

  1. Bidang ekonomi

Dalam bidang ekonomi, warga Indonesia bisa memanfaatkan kekayaan alam serta letak geografis Indonesia yang strategis untuk memenuhi kebutuhan perekonomian negara dan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat serta tidak lupa juga tetap menjaga kelestarian lingkungan dan kekayaan alam yang ada.

  1. Bidang pertahanan dan keamanan

Dapat menumbuhkan serta mengembangkan kesadaran cinta tanah air dan sikap rela membela tanah air sebagai bentuk sikap bela negara pada setiap warga Indonesia. Dan juga bisa menjaga keutuhan negara mengingat keamanan di perbatasan tidak cukup terjamin.

References :

https://tipsserbaserbi.blogspot.com/2015/08/contoh-makalah-wawasan-nusantara.html

WAWASAN NUSANTARA : Pengertian, Asas, Fungsi, Implementasi

Komisi 1 - Florentia Novena - B2024