Mengenal Showa no Hi ・昭和の日

Setiap negara pasti mempunyai kepala negara masing – masing, baik itu berupa kaisar, raja, atau presiden. Sering kita temukan bahwa di negara berbentuk monarki tanggal lahir kaisar yang berpengaruh besar pada saat masa pemerintahannya dijadikan hari libur nasional untuk menghormati jasa-jasa dari kaisar tersebut. Nah, di Jepang juga terdapat hal demikian lho mina-san! Hari itu bernama Showa no Hi (昭和の日) atau dalam Bahasa Inggris yaitu Showa Day.

Hmm.. Showa Day itu seperti apa sih? Jadi, Showa Day adalah salah satu hari libur resmi di Jepang yang jatuh tanggal 29 April dan bertepatan dengan hari ulang tahun kaisar pada periode Showa, Kaisar Hirohito. Kaisar Hirohito sendiri lahir pada 25 Desember 1926 dan meninggal pada 7 Januari 1989. Namun, berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini Showa no Hi dirayakan 2 hari yaitu sampai tanggal 30 April. Hari libur ini ditetapkan pada tahun 2005 untuk menggantikan tanggal 29 April yang hingga tahun 2006 disebut Hari Hijau (Midori no hi), sedangkan Hari Hijau dipindahkan ke tanggal 4 Mei.

Tujuan resmi diadakannya liburan nasional ini  adalah untuk merefleksikan periode Showa, ketika Jepang pulih setelah masa pergolakan akibat perang dunia ke-2, dan berpikir tentang bagaimana nasib bangsa Jepang di masa depan. Nah, Showa Day ini juga termasuk kedalam Golden Week, yaitu periode dimana terdapat hari-hari libur nasional yang secara “kebetulan” sangat dekat jarak tanggalnya. Wah, enak sekali ya, hehehe.

Oke sekian dari artikel ini, semoga bermanfaat!