Shuubun no Hi

Halo, mina-san! Setiap negara didunia pasti memiliki hari libur nasional masing-masing, tak terkecuali Jepang. Berbicara tentang liburan, kalian tahu tidak pada 23 September ini terdapat perayaan Shuubun no Hi lho di Jepang! Kalian pernah dengar Shuubun no Hi? Nah, bagi yang belum pernah dan penasaran yuk, kita cari tahu seperti apa sih Shuubun no Hi ini.

Jadi Shuubun no Hi adalah hari libur nasional di Jepang yang terdapat pada masa peralihan musim panas ke musim gugur. Pada hari ini matahari melintasi khatulistiwa dari bumi belahan utara ke bumi belahan selatan. Pada hari ini matahari persis terbit di timur dan juga persis terbenam di barat sehingga siang dan malam mempunyai durasi yang sama dalam seharinya, lho. Pada hari-hari berikutnya durasi siang secara berangsur – angsur lebih pendek dari malam di belahan utara Jepang.

Shuubun no Hi merupakan hari yang istimewa bagi pemeluk Buddha di Jepang. Menurut ajaran Buddha disana, pada Shuubun no Hi ini batas antara dunia kehidupan dan kematian sangat tipis sehingga momen ini merupakan waktu yang tepat untuk menghormati leluhur-leluhur di masa lalu dan kerabat atau teman yang sudah meninggal.

Sekian artikel singkat ini. Menarik bukan? semoga bermanfaat ya minasan!