Brand ini lokal, bukan punya internasional, loh!

Mina-san pasti sering berbelanja, kan? Nah tentu saja di kehidupan kita sehari-hari banyak brand, dan apakah mina-san tahu bahwa sebagian besar brand yang ada di pasaran Indonesia ialah brand lokal? 

Source: voi.id

  • J.CO

Brand donat yang super enak ini ialah brand Indonesia, loh! J.CO sendiri dimiliki oleh Johnny Andrean dan sekarang cabangnya sudah berada di Singapura, Malaysia, Hong Kong, Saudi Arabia, dll. 

  • CFC

CFC atau California Fried Chicken ternyata merupakan brand Indonesia, meskipun awalnya perusahaan yang memegang waralaba ini ialah California Pioneer Chicken dari Pioneer Take Out di Amerika Serikat, pada tahun 1989 perusahaan ini melepaskan diri dari waralaba tersebut dan memproduksi produknya sendiri dan berada dibawah naungan PT. Pioneerindo Gourmet International Tbk.

  • Krisbow 

Kalau mina-san sering ke Ace Hardware pasti tahu dengan brand perkakas, furnitur, dan lain-lain yang satu ini! Jika mina-san mengira bahwa brand ini dari luar, maka mina-san salah besar karena Krisbow sendiri berasal dari Indonesia, dan namanya berasal dari nama pembuatnya yakni Krisnadi Wibowo.

  • Equil

Air minum berkelas ini juga merupakan produk Indonesia. Equil sendiri dipasarkan oleh PT. Equilindo Lestari, dan mereka sendiri ingin membuat air minum yang bergaya mewah untuk dipasarkan ke restoran-restoran berkelas ataupun lembaga tinggi. 

  • Silverqueen

Coklat merupakan salah satu makanan favorit, nih! Tapi ternyata coklat Silverqueen yang berada di pasaran merupakan brand Indonesia, loh! Pabriknya terletak di Garut, Jawa Barat dan pemiliknya merupakan pria pengusaha keturunan Tionghoa yang berkebangsaan Burma (Myanmar). 

Kira-kira brand yang mana nih yang bikin mina-san kaget kalau brand tersebut adalah brand Indonesia?

 

Penulis : Geraldine Nicole Suryadjaja (2501995250)

 

Sumber : 

https://www.cekaja.com/info/merk-asli-indonesia-yang-dikira-produk-luar

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6503995/deretan-12-merek-yang-sering-dikira-asing-faktanya-asli-indonesia