Kucing Ras Asli Indonesia Yang Diakui Secara Internasional

Kalau berbicara mengenai kucing ras, pasti jenis kucing yang akan muncul di kepala orang-orang pada umumnya adalah kucing-kucing dari luar negeri seperti Persia, Anggora, British Shorthair, dll. Tetapi, tahukah kalian kalau Indonesia juga memiliki ras kucing tersendiri yang sudah diakui secara Internasional oleh World Cat Federation (WCF)?

Kucing ras asli Indonesia ini bernama kucing Raas atau Busok. Kucing Busok merupakan satu-satunya kucing ras asli Indonesia yang berasal dari Pulau Raas, Madura. Tidak heran, kucing ini menjadi salah satu ras kucing paling langka di dunia. Dilansir dari messybeast.com pada tahun 2016, terdapat kurang dari 100 ekor kucing Busok.

Bahkan, demi menjaga kemurnian ras kucing Busok, penduduk Pulau Raas tidak mengizinkan kucing Busok untuk dibawa keluar pulau kecuali kucing tersebut sudah dikebiri.

Sumber: Ragam Indonesia

Karena langka, kucing Busok dipercaya oleh penduduk Pulau Raas sebagai pembawa keberuntungan. Sebaliknya, orang-orang yang mencoba untuk membawa kucing Busok keluar dari Pulau Raas akan tertimpa sial. Dianggap memiliki kekuatan mistis atau indra keenam, penduduk setempat Pulau Raas mempercayai bahwa kucing Busok hanya dapat dipelihara oleh kyai, pejabat, bangsawan, dan tokoh masyarakat. Hal inilah mengapa kucing Busok mudah ditemukan pada pesantren-pesantren di sekitar Pulau Raas.

Ciri khas kucing Busok yang paling mudah dikenali adalah warna bulunya yang abu-abu kebiruan mirip seperti kucing Russian Blue. Selain itu juga, kucing Busok dapat dikenali dari matanya yang berbentuk oval dan ekor bengkok yang pendek. Perawakan kucing Busok juga lebih besar dari kucing domestik pada umumnya.

Russian Blue (Sumber: Hill’s Pet Nutrition)

Busok (Sumber: AGTVnews.com )

Karena sudah diakui secara internasional sebagai kucing ras asli Indonesia, harga kucing Busok di pasaran cukup mahal, yakni Rp. 2-3 juta.

Menurut berbagai sumber, kucing Busok memiliki karakter yang sangat lincah sehingga jika pemiliknya tidak sabar dan konsisten menghadapi kucing ini, mereka dapat merasa kewalahan.

Sekian ulasan HIMJA mengenai kucing Busok. Semoga kucing ini bisa terus dibudidayakan dengan baik oleh masyarakat Indonesia agar jumlahnya semakin banyak ya!