Mengenal Singkat Jembatan Terpanjang di Indonesia

Source: nasional.okezone

Jika kita bertanya tentang dimanakah letak jembatan terpanjang di Indonesia, jawabannya ada di kota Surabaya, Jawa Timur. Dengan nama resminya yaitu jalan tol Surabaya-Madura, masyarakat lebih mengenalnya dengan Jembatan Nasional Suramadu. Jembatan yang dikenal sebagai jembatan terpanjang saat ini tersebut memiliki panjang 5.438 meter serta lebar 30 meter, merupakan gabungan dari tiga jenis jembatan secara langsung yaitu jembatan layang, jembatan penghubung, dan jembatan utama.

Jembatan yang dibangun pada era pemerintahan mantan presiden Megawati Soekarnoputri tersebut memiliki tujuan agar mempermudah serta mempercepat pembangunan berbagai bidang infrastruktur dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Madura yang pada saat itu masih cukup tertinggal dibandingkan dengan daerah lainnya di Jawa Timur. Selain dengan tujuan utama tersebut, adanya jembatan Suramadu ini juga mempermudah dan mempercepat waktu yang dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin menyeberang dari Surabaya menuju Madura. Karena, pada awal sebelum jembatan ini ada, masyarakat harus menggunakan kapal feri yang memerlukan waktu 30 menit jika ingin ke Madura dari Surabaya. Namun, jika menggunakan jembatan ini, masyarakat bisa langsung sampai ke Madura dalam waktu 5 menit tergantung kondisi dan kepadatan jalan pada saat itu juga.

Selain menjadi jembatan penyebrangan, jembatan Suramadu ini juga telah menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi para wisatawan yang sedang berlibur di kota Surabaya. Banyak orang mengatakan kalau jembatan ini memiliki pemandangan yang cantik dan mengagumkan. Khususnya jika mengunjungi atau melewati jembatan ini pada malam hari, kalian akan melihat berbagai hiasan lampu yang indah di sepanjang jembatan. Karena itulah, jangan kelewatan untuk mengambil foto dan mengabadikan momen menarik tersebut.

 

Penulis: Jessica Octaviani Gunawan_2540102941

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_Nasional_Suramadu