Pesona Jalan Tunjungan Surabaya

suarasurabaya.net

Seperti yang kita ketahui, selain dikenal sebagai kota terbesar kedua di Indonesia dan mendapat sebutan sebagai kota pahlawan, Surabaya juga tetap menjadi sumber destinasi wisata yang banyak sekali diminati oleh para wisatawan baik dalam negara maupun mancanegara. Salah satu kawasan wisata yang wajib untuk dikunjungi adalah jalan Tunjungan Surabaya, terutama sangat direkomendasikan untuk mengunjungi tempat ini pada malam hari. 

Menurut sejarahnya, jalan Tunjungan ini sudah ada semenjak awal abad-20 dan telah menjadi pusat komersial kota Surabaya sejak dulu. Jalan Tunjungan juga menjadi salah satu pusat segitiga emas perdagangan di Surabaya, yaitu jalan Tunjungan, jalan Blauran, dan jalan Embong Malang. Hingga saat ini di sepanjang jalan Tunjungan cukup banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur kuno yang masih terawat dengan baik. 

Pada November 2021, jalan Tunjungan resmi ditetapkan sebagai tempat wisata oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, yang dimana pembukaan jalan bersejarah di Kota Pahlawan itu diberi tajuk ‘Tunjungan Romansa’. Meskipun sepanjang jalan Tunjungan ini dipenuhi oleh berbagai bangunan bersejarah dengan arsitektur kuno yang sudah dirawat oleh pemerintah kota Surabaya sebagai ciri khasnya, Eri Cahyadi selaku Wali Kota juga mengatakan bahwa wisatawan dan masyarakat yang datang ke jalan Tunjungan tidak hanya disuguhi dengan suasana kota tua klasik, namun juga telah disediakan berbagai spot foto dengan berbagai hiasan mural disertai dengan berbagai aneka produk dan makanan dari UMKM yang ada di Surabaya. Selain itu, hal yang menarik dari jalan Tunjungan ini adalah setiap malam hari dari pukul 18.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB akan juga ada pertunjukan seni, musisi jalanan, musik patrol, musik gamelan, dan berbagai aksi kreativitas komunitas-komunitas.

jawapos.com

Dengan program Tunjungan Romansa ini, Eri Cahyadi selain berharap mempopulerkan destinasi wisata yang ada di Surabaya, warga dan para wisatawan juga bisa menikmati berbagai hiburan serta sajian kuliner dari UMKM sehingga menjadikan kawasan ini bisa tetap hidup dan juga dapat menunjang perekonomian kecil yang ada di Surabaya.

 

Jessica Octaviani Gunawan_ 2540102941

 

Referensi:

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5821133/jalan-tunjungan-surabaya-diresmikan-jadi-tempat-wisata

https://suryatravel.tribunnews.com/2019/11/25/bangunan-arsitektur-kuno-di-jalan-tunjungan-surabaya-jadi-jujugan-warga-untuk-berfoto

https://travel.detik.com/travel-news/d-5821220/resmi-jalan-tunjungan-surabaya-jadi-destinasi-wisata