KIMONO & YUKATA

Kimono adalah pakaian tradisional yang sangat ikonik dan sekaligus menawan. Apabila melihat pakaian kimono orang-orang yang bahkan tidak begitu mengenal budaya Jepang pasti dapat langsung menebak bahwa itu adalah pakaian Jepang. Tetapi, masih banyak orang-orang yang berprasangka bahwa Yukata dan Kimono adalah hal yang sama. Nah! Pada artikel kali ini kita akan membahas perbedaan dari Yukata dengan Kimono.

Kimono (きもの/着物) berdasarkan huruf kanjinya mempunyai arti sebagai “benda untuk dipakai” dari kata kerja ki (着), yang artinya “memakai (di bahu)” dan kata benda mono (物), yang artinya “benda”. Kimono sendiri memiliki tipe-tipenya tersendiri.

Hikizuri (引 き ず り) adalah jenis kimono yang dipakai oleh wanita dengan latar belakang bangsawan dan elit saat sebelum era Meiji. 

Tomesode (留 袖) adalah jenis kimono paling formal yang dikenakan oleh wanita yang sudah menikah.

Nah, Yukata adalah salah satu dari variant kimono dimana pada umumnya akan digunakan oleh masyarakat Jepang pada masa musim panas. Seperti teman-teman ketahui musim pada di Jepang adalah musim dimana suhu dapat mencapai 41°C. Pada suhu seperti itu mengenakan Kimono yang merupakan pakaian dengan berlapis-lapis kain akan sangatlah sulit.

Quora

 

Apabila Kimono dikenakan dengan beberapa lapis kain, maka Yukata dengan tujuan beradaptasi dengan musim tidak menggunakan lapisan kain dan kain Yukatanya sendiri sangatlah tipis sehingga nyaman digunakan pada musim panas. Untuk bagian-bagian pakaiannya terdiri dari Yukatanya sendiri, Obi atau kain pengikat yang dikenakan pada bagian perut, dan Geta atau sendal tradisional. 

Apabila teman-teman penasaran bagaimana Kimono yang dikenakan dengan berbagai lapisan-lapisan kain teman-teman dapat melihat Kimono yang dikenakan oleh Kaisar atau masyarakat Jepang ketika sedang menikah.

Bagaimana? Apakah teman-teman sudah menjadi tahu perbedaan dari Kimono dengan Yukata. Apabila teman-teman suka menonton Anime atau J-Drama maka teman-teman dapat memperhatikan pakaian yang ada pada adegan musim panas atau festival musim yang ada. 

TEMPO.CO

 

Referensi : 

https://id.quora.com/Apa-perbedaan-yukata-kimono-dan-hakama

https://jpninfo.com/id/2024