Wayang Kesenian Khas Indonesia

sumber foto: inews.id

Wayang sangat terkenal di Indonesia sebagai seni pertunjukkan khas Indonesia. Wayang berasal dari bahasa Jawa yang memiliki artinya bayang. Wayang juga dinobatkan oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003 sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity atau warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur asli Indonesia.

Orang yang memainkan wayang disebut sebagai dalang. Dalang merupakan singkatan dari ngundhal piwulang yang dimana ngundhal memiliki arti menyebar luaskan, sedangkan piwulang memiliki arti pendidikan atau ilmu. Jadi secara garis besar dalang memiliki arti orang yang memiliki ilmu atau pendidikan dan membagikannya kepada para penonton atau masyarakat luas.

Wayang kulit sudah tercatat ada sejak tahun 1500 sebelum masehi. Awalnya, wayang kulit digunakan sebagai medium untuk memanggil arwah leluhur dan melakukan pemujaan. Karena masyarakat Jawa kuno masih percaya dan melakukan ritual penyembahan pada arwah leluhur mereka. Pemujaan ini dilakukan melalui pagelaran wayang.

Lalu setelah itu, pengaruh Hindu masuk ke daerah Jawa. Wayang digunakan sebagai media penyebaran media pengajaran agama hindu. Melalui pertunjukan wayang yang menceritakan Ramayana dan Mahabharata. Sehingga agama Hindu bisa diterima di daerah Jawa pada masa itu. Setelah berhasil dengan menyebarkan agama Hindu. Hal ini juga dilakukan oleh Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Penyebaran agama dengan menggunakan wayang saat itu dianggap efektif karena pada masa itu wayang menjadi salah satu seni kerakyatan yang memiliki banyak sekali peminat. Sehingga penyebaran agama berjalan dengan sukses.

Demikian lah sejarah singkat tentang kebudayaan khas Indonesia yaitu, wayang. Semoga bisa menambah wawasan kalian tentang kebudayaan dan seni khas Indonesia.

 

Salfachira – 2440060925

Referensi

https://pangauban-katapang.desa.id/index.php/artikel/2019/10/6/sejarah-wayang

https://indonesia.go.id/kategori/keanekaragaman-hayati/751/keragaman-wayang-indonesia

https://www.suara.com/news/2021/11/17/121653/bagaimana-sebenarnya-asal-usul-wayang-kulit