Tradisi Makan Siang di Jepang, Kyushoku!

Penulis : Ananta Putra Kharisma Ramadhan
NIM : 2101708241

Pasti kalian pernah melihat anime atau J-Drama yang bertemakan murid SMA kan? Ketika istirahat makan siang mereka membawa bekal dari rumah atau membeli dari kantin sekolahnya. Berbeda dengan murid SMA, murid-murid sekolah dasar maupun menengah mereka akan memakan makan siang yang disiapkan oleh sekolah mereka. Mereka akan memakan makanan yang disediakan bersama dengan teman-teman serta guru mereka yang disebut dengan Kyushoku.Penasaran dengan Kyushoku? Yuk langsung simak dibawah ini!

Kyushoku merupakan tradisi unik yang ada di Jepang yang diterapkan di sekolah dasar dan menengah. Tradisi ini pada awalnya ada di tahun 1889 disalah satu sekolah dasar swasta yang bernama Chuai. Sekolah swasta ini memberikan makan siang gratis kepada murid-muridnya yang memiliki keluarga yang kurang mampu. Kemudian pada tahun 1932 pemerintahan Jepang membantu mendanai sekolah-sekolah yang menggunakan sistem Kyushoku ini.

Sampai saat ini Kyushoku masih terus berjalan di sekolah dasar dan menengah. Adanya Kyushoku di sekolah bukan hanya sekedar untuk makan-makan bersama teman tetapi juga dimasukan unsur pembelajaran di dalamnya seperti, memasak, gizi, kesehatan,keterampilan sosial, dan lain-lain. Untuk menu makanan yang disiapkan akan ditentukan oleh ahli gizi untuk memenuhi kebutuhan gizi dari setiap murid-murid yang ada di sekolah tersebut.

Di Indonesia sendiri tradisi seperti ini memang belum ada. Mungkin ada beberapa sekolah yang menyediakan catering dari kantin sekolah atau bisa memesan jasa catering dari luar yang bukan buatan kantin sekolah. Tetapi Kyushoku ini mungkin bisa diterapkan di Indonesia karena memiliki banyak nilai pembelajaraan yang baik dibalik kegiatan tersebut dan juga bisa mempererat hubungan antara guru dan murid didalam sekolah tersebut.

Nah bagaimana minna-san? Kyushoku itu menarik bukan? Walaupun pada awalnya hanya inisiatif dari sebuah instansi sekolah, tetapi lama-kelamaan menjadi sebuah tradisi dari negara Jepang. Mungkin Kyushoku memang harus diterapkan di Indonesia agar anak-anak yang masih sekolah dasar bisa belajar bertanggung jawab mulai dari kecil. Sekian artikel kali ini ya!

Sumber:
https://japanesestation.com/kyushoku-tradisi-makan-siang-pelajar-di-jepang/