Rekomendasi Novel Zaman Restorasi Meiji

Nama: Steven Rafaelie Lukita
NIM: 2101650404

Dalam sejarah Jepang, restorasi Meiji adalah kembalinya Jepang membuka negaranya untuk negara luar serta lepasnya Jepang dari keshogunan Tokugawa yang ketat. Dari semua zaman kenapa yang diambil Zaman Restorasi Meiji? Karena pada Zaman Meiji banyak perubahan pada sastra serta mulai munculnya novel serta novelis modern Jepang yang melegenda hingga saat ini. Berikut adalah beberapa rekomendasi novel Jepang masa Meiji yang masih terkenal, dicetak ulang, dan diterjemahkan ke berbagai bahasa sampai hari ini.

  1. Botchan

Novel ini ditulis oleh Natsume Souseki pada tahun 1906. Botchan bercerita tentang seorang guru muda yang mengajar di sebuah daerah terpencil, dia seorang yang terlalu jujur dan tidak suka terhadap sistem pendidikan yang ada. Novel ini mengajarkan tentang sekolah yang tidak seharusnya hanya mengajarkan tentang akademik tetapi nilai moral seperti kejujuran dan sopan santun. Novel ini pun telah diangkat menjadi film oleh Fuji TV pada tahun 2016.

 

2. Hening

Hening atau dalam bahasa Jepang disebut dengan Chinmoku ditulis oleh Shusaku Endo pada tahun 1966 dengan genre sejarah fiksi. Shusaku Endo adalah orang Jepang yang beragama Katolik. Kombinasi kedua hal tersebut menciptakan pandangan yang unik atas Shusaku Endo. novel Hening bercerita tentang seorang Yesuit datang ke Jepang ketika masa Edo dimana agama Kristen dilarang. Yesuit itu bernama Sebastian Rodrigues, dia memiliki misi untuk menggembalakan jemaat Tuhan di Jepang serta mencari gurunya yang murtad. Novel ini pun telah diangkat menjadi film dua kali yaitu 1971 serta 2016.

 

3. Skandal

Seperti sebelumnya novel ini ditulis oleh Shusaku Endo. Novel ini adalah buku kedua dari Shusaku Endo yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Bercerita tentang seorang penulis yang dipermalukan di acara penganugerahan penulis, wanita itu mengaku mengenalnya sebagai orang yang mesum. Lalu penulis tersebut mulai mencari tahu wanita tersebut dan seseorang yang disebut-sebut mirip dirinya. Novel ini menjelaskan tentang manusia itu berbeda atau tidak ketika nafsu seksual melanda tak peduli beragama atau tidak. Meskipun mengandung sedikit erotisme, seperti novel Shusaku Endo lainnya, novel ini pun mengandung agama Kristen.

Sekian rekomendasi novel kali ini. Selain menghibur membaca novel juga dapat membuat kita lebih banyak tahu tentang orang Jepang serta pola pikirnya lho! Ini baru tiga dari sekian banyak novel terkenal Zaman Restorasi Meiji serta baru dari dua penulis. sebenarnya masih banyak novel yang bisa dibahas lho! Nanti akan dibahas pada kesempatan lain ya, sekian untuk kali ini!

Sumber: Pengalaman Pribadi