Workshop Dubber

皆さん こんいちは!

Belum lama ini Sastra Jepang BINUS kedatangan tamu special nih, ia seorang Dubber senior yang sudah mengisi suara berbagai karakter selama beliau menjalankan karirnya. Pernah mendengar nama Agus Nurhasan? Iya. Beliaulah yang hadir sebagai pembicara di acara Workshop Dubber tersebut.

 

Sebagai pembukaan, Kak Agus memperkenalkan dirinya dan berbagi beberapa karakter yang telah diisi suaranya. Salah satunya merupakan karakter Suneo dari kartun Doraemon. Semua pasti tahu dong kartun Jepang Doraemon. Setelah perkenalan diri, Kak Agus memberikan pengajaran mengenai teknik-teknik yang perlu dilakukan oleh seorang Dubber. Salah satunya latihan vokal.

Selanjutnya Kak Agus mengajari beberapa teknik lainnya yang perlu dikuasai seorang Dubber. Namun, workshop tersebut bukan hanya sekedar presentasi saja. Sebagai tambahan aktivitas untuk membuat acara lebih meriah, beberapa volunteer maju kedepan untuk mencoba seperti apa sih serunya menjadi seorang dubber. Kak Agus menggunakan potongan episode dari film Doraemon sebagai bahan pengisian suara.

Selanjutnya selain menjadi volunteer dubber, beberapa volunteer lainnya maju untuk mencoba menjadi pengisi suara drama radio. Pada dasarnya tetap sama. Seperti yang dikatakan Kak Agus, seorang pengisi suara harus mampu menguasai berbagai warna suara yang seorang dubber miliki. Hanya saja kita yang harus menggali setiap potensi yang kita miliki. Lalu kunci kedua yang harus dikuasai yaitu menguasai ekspresi emosi. Seorang dubber harus mampu mengikuti pengucapan pada saat seseorang mengalami emosi, seperti pengucapan pada saat seseorang menangis, marah, dan emosi-emosi lainnya.

Sebagai akhir dari bahan presentasi, tidak sedikit pertanyaan dari peserta yang menghujani sesi tanya jawab. Bahkan seorang dosen Sastra Jepang pun ikut bertanya. Dan sebagai penutup dari seluruh kegiatan workshop, Daniel Sensei selaku dosen senior dari jurusan Sastra Jepang maju memberikan sourvenir kepada Kak Agus.

 

Dan inilah akhir cerita kegiatan workshop dubber. Semoga kalian para reader  ikut merasakan serunya acara tersebut.