SKILL YANG PERLU DIMILIKI SEORANG GRAPHIC DESIGNER

Untuk menjadi seorang graphic designer yang baik, tentunya tidak cukup dengan hanya memiliki kreativitas yang tinggi dan imajinasi yang luas. Pastinya, ada beberapa skills yang perlu dimiliki oleh seorang graphic designer yang baik. Skill- skill tersebut dapat berupa hard skills seperti penggunaan software desain, pengetahuan prinsip desain maupun soft skills yang berupa pengaturan waktu yang baik ataupun komunikasi yang baik. Berikut beberapa contoh hard skills and soft skills yang dapat diperhatikan untuk menjadi seorang graphic designer yang baik :

HARD SKILLS

  • PRINSIP DESAIN

Dalam menjadi seorang graphic designer yang profesional tentunya memerlukan pengetahuan dalam prinsip- prinsip desain. Prinsip desain tersebut meliputi lima prinsip yakni :

  1. Allignment
  2. Repetisi
  3. Kontras
  4. Hierarki
  5. Seimbang

Menurut Shillington Education, pengetahuan tersebut tentunya perlu diketahui seorang graphic designer yang baik. Desain tidak hanya sekedar membuat sebuah karya visual yang menarik di mata tetapi adapun prinsip yang harus diperhatikan untuk membuat karya visual tersebut menjadi memiliki suatu nilai.

  • TYPOGRAPHY

Menambahkan elemen-elemen tipografi tentunya dapat memberi dampak yang besar dalam suatu karya visual. Akan tetapi, meletakkan kata-kata tidak hanya sembarangan meletakkannya. Adapun beberapa unsur tipografi yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah karya design seperti ketebalan huruf, anatomi huruf, ataupun pewarnaan huruf yang sesuai untuk karya design tersebut. 

  • SOFTWARE DESIGN

Tentunya ada beberapa aplikasi atau software desain yang perlu dikuasai oleh seorang graphic designer. Aplikasi- aplikasi tersebut antara lain Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Indesign, dan lain-lain. Tentunya diperlukan latihan yang rajin agar terbiasa menggunakan aplikasi- aplikasi tersebut sebab aplikasi- aplikasi ini akan sering digunakan dalam proses pembuatan suatu karya visual. 

 

SOFT SKILLS

  • TIME MANAGEMENT

Menjadi seorang graphic designer tentunya akan menghadapi banyak deadlines project dan tugas-tugas lainnya. Maka itu, pengaturan waktu yang baik perlu dimiliki dalam menjadi seorang graphic designer.

  • KOMUNIKASI

Tugas seorang graphic designer adalah mengutarakan suatu pesan melewati karya visual. Maka itu komunikasi yang baik tentunya perlu dimiliki seorang graphic designer. Komunikasi yang baik juga diperlukan tidak hanya dalam pembuatan suatu karya design tetapi juga dalam bekerja sama dengan rekan-rekan lainnya dalam mengerjakan suatu project. 

  • PROBLEM SOLVING

Menjadi seorang graphic designer memiliki tugas untuk memenuhi permintaan klien mereka. Seorang klien memerlukan seorang graphic designer untuk membantu mereka dalam menyampaikan suatu pesan dalam bentuk karya visual. Maka itu, seorang graphic designer yang baik peru memiliki skill problem solving yang baik untuk membuat suatu karya visual yang sesuai dengan impian atau permintaan klien mereka

 

Sources :

https://www.ekrut.com/media/8-skill-graphic-designer-ini-wajib-kamu-miliki-agar-sukses

https://glints.com/id/lowongan/skill-desain-grafis/#.YkGjMG5By3I

 

Image source :

https://www.pexels.com/

 

 

 

By Audrey