5 FAKTA MENARIK TENTANG KARIR DI DESAIN GRAFIS

Desain Grafis merupakan proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti typography, fotografi, maupun ilustrasi dengan tujuan untuk menyampaikan suatu makna atau pesan kepada audiens. Skala pekerjaan dalam desain grafis sangat luas, mereka biasanya dapat berkolaborasi dengan para seniman, illustrator, animator, dan lain-lain.

Di zaman sekarang, dengan adanya kemajuan di bidang teknologi, desain grafis menjadi jalan karir yang sangat di butuhkan di zaman pasar modern ini.

Dengan kemajuan teknologi, menjadi seorang graphic designer biasanya ada tantangan nya seperti banyak sekali software-software komputer yang menjadi salah satu persyaratan untuk kita itu bisa di pekerjakan oleh klien atau juga di rekrut perusahaan.

Berikut adalah 5 fakta menarik mengenai Karir dalam Desain Grafis;

 

  1. Desainer grafis berperan penting dalam pemasaran.

Segala produk dan layanan yang kita pilih membutuhkan seseorang untuk menghasilkan materi pemasaran visual, dari desain label pada kemasan hingga papan iklan yang mengiklankan berbagai macam perusahaan. Disinilah desainer grafis berperan melalui karyanya mengembangkan visual untuk mempromosikan suatu perusahaan. Konten visual di pemasaran sebuah produk atau jasa sangat lah penting sehingga 52% di pasar modern ini mengunakan desain grafis untuk menjadi strategi pasar mereka.

 

  1. Desain grafis menghadirkan peluang untuk wirausaha

Jika kamu merupakan tipe orang yang suka bekerja untuk diri sendiri, maka desain grafis bisa menjadi pilihan yang baik. Begitu banyak perusahaan web dan periklanan yang mengandalkan pekerja lepas dan kontraktor, sehingga kita dapat mencari nafkah hanya dengan menggunakan laptop dan aplikasi editor saja.

 

  1. Permintaan akan desain grafis akan mengalami peningkatan setiap tahunnya

Menurut data Biro Statistik Tenaga Kerja AS, ada 261.600 desainer grafis di seluruh negeri pada tahun 2014. Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi lebih dari 265.000 pada tahun 2024. Peningkatan ini akan berpengaruh besar pada profesi dan karir desainer grafis nantinya.

 

4. Banyak lowongan untuk seorang graphic designer

Di zaman pasar modern dimana periklanan di dunia maya sangatlah penting, seorang graphic designer akan dibutuhkan untuk sebuah brand mempromosikan produk atau jasanya yang biasanya melibatkan pembuatan desain website, packaging, banner, flyer, logo, konten media sosial, dan lainnya sehingga lowongan untuk seorang graphic designer sangat lah luas.

 

  1. Berkarir sebagai desainer grafis tidak membutuhkan gelar sarjana

Desain grafis umumnya dianggap membutuhkan gelar sarjana. Tetapi dalam beberapa kasus, portfolio dan demonstrasi bahwa berketrampilan cukup dapat menunjukan kredibilitas seorang desainer dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dengan baik.

 

Pada umumnya, lulusan dari studi Desain grafis biasanya ditempatkan di bidang desain atau periklanan. Namun, seiring berjalannya waktu dan peminat dari desain grafis meningkat. Desainer grafis dapat berperan menjadi Creative Director dengan tuntutan merancang proses konten visual kreatif sesuai dengan kebutuhan client. Profesi lainnya ialah komikus, UX Designer, UI Designer, Animator, Concept Artist. Oleh karena itu, desainer grafis dapat memilih prospek karir sesuai dengan kemampuan dan minatnya masing-masing.

 

Referensi: 

  1. https://findstack.com/graphic-design-statistics/ 
  2. https://www.linkedin.com/pulse/7-interesting-facts-graphic-design-careers-ivan-andelovic/ 
  3. https://www.jackstudy.co.id/desain-grafis/ 
  4. https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-desain-grafis/#.YkRdVShBzIW
  5. http://klopidea.com/apakah-pekerjaan-design-grafis-graphic-designer-itu/ 

Image source :

https://www.pexels.com/

 

 

 

By Fidelia H &  Hansurya Nova