Dark Sci-fi tones: the ever evolving design world

https://www.pexels.com/photo/black-and-gray-pipes-in-a-spacecraft-7663141/

 

Design selalu memiliki beberapa aspek penting agar dapat dikategorikan sebagai suatu desain yang harmonis. Salah satu diantaranya adalah warna. Warna adalah unsur penting dalam suatu desain karena warna selalu menentukan suasana dan dapat membantu pesan yang ingin disampaikan oleh suatu design. Pesan itu dapat berupa sebuah peringatan tentang sebuah konten, atau dapat juga memberikan sedikit insight tentang konten yang memakai design tersebut. Warna adalah suatu unsur yang tidak bisa lepas dari pembicaraan tentang design.

 

Warna, seperti aspek-aspek dunia design lainnya juga selalu berevolusi. Namun perlu ditanyakan mengapa dunia design harus dan akan selalu berubah-ubah seiring waktu. Hal ini tak lain dan tak bukan dikarenakan oleh orang-orang yang meramaikan dunia design, dimana “orang” atau “manusia” itu sendiri pasti berubah-ubah. Jadi, apapun yang berkaitan dengan manusia, biasanya akan selalu berubah, karena manusia itu sendiri dinamis. Perubahan-perubahan pada dunia design ini dapat dilihat dan dicermati dari perubahan tren. Tren pada dunia design selalu berkaitan dengan situasi sosial, dan selalu berubah menyesuaikannya. 

 

 

https://www.pexels.com/photo/person-inside-a-building-looking-at-a-structure-2808402/

 

Sekarang pertanyaannya, “kalau begitu, bagaimanakah tren warna pada 2023?”. Seperti yang sudah dikatakan tadi, tren warna sangat berkaitan dengan situasi sosial yang sedang dihadapi dunia. Tren pada dunia design, termasuk juga tren war berdampak dengan kejadian-kejadian dunia yang baru saja terjadi atau sedang terjadi. Mengingat 2023 adalah tahun transisi dari pandemi covid-19 yang melanda dunia sejak 2020, 2023 adalah tahun dimana manusia berusaha untuk mengembalikan dunia menjadi ‘normal’. Namun, upaya kembali pada stabilitas ini tentu mengalami kesulitan dimana banyak inflasi yang terjadi, dan juga konflik lainnya. Pada saat-saat seperti ini, banyak orang mencari distraksi, dan ini terlihat pada tren warna 2023.

 

Salah satu skema warna yang sedang banyak dipakai dan telah menjadi tren adalah Dark Sci-fi Tones. Warna-warna seperti Black Obsidian, Quantum Violet dan Biohazard Green termasuk pada skema ini. Skema warna Dark Sci-fi Tones menawarkan warna-warna yang bernuansa gelap. Warna-warna ini kerap dipakai untuk menggambarkan situasi dimana teknologi telah menjajah manusia, seperti film Science Fiction. Pada suatu karya yang menggunakan skema warna ini, biasanya karya tersebut didominasi oleh warna-warna gelap, dan menggunakan warna terang untuk menunjukkan kontras pada beberapa bagian karya tersebut. 

 

Dark Sci-fi Tones menawarkan mood dan suasana yang gelap dan kelam, walaupun memakai warna terang untuk kontrasnya. Dengan skema warna seperti ini, kreator dapat mengekspresikan pesan-pesan yang dalam, dan juga sekaligus mengajak penikmat karyanya untuk melakukan refleksi akan pesan yang disampaikan. Dengan skema warna yang bold, sebuah design akan terlihat kuat dan menarik, dan hal-hal seperti inilah yang membuat Dark Sci-fi Tones menjadi salah satu tren dalam dunia design untuk tahun 2023.